Mohon tunggu...
Reba GT
Reba GT Mohon Tunggu... Pekebun | Leibnizan

di Desa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

GP Ansor ke Vatikan, Mengusung Misi Humanitarian Islam

27 September 2019   03:12 Diperbarui: 27 September 2019   19:03 187 6 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
GP Ansor ke Vatikan, Mengusung Misi Humanitarian Islam
Ketua umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Quomas beserta jajaran delegasi PBNU bersama Paus Fransiskus di Vatikan, Roma (foto Facebook/fidescatholicanetwork)

"I Pray for You, You Pray for Me. We are Brothers.( Saya doakan anda. Anda doakan saya. Kita bersaudara)" Pesan Paus Fransiskus, untuk GP Ansor.

Ketua umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Quomas beserta jajaran pengurus bertemu dengan Paus Fransiskus, Rabu pagi (25/9). Pertemuan dilakukan usai acara Audiensi Umum dilapangan Santo Petrus Basilica, Vatikan Roma.

Disebutkan, rangkaian kunjungan ke Vatikan itu mengusung misi besar yaitu dalam rangka sosialisasi dan kampanye perdamaian dan Islam yang ramah.

Dalam kesempatan bertemu dengan pemimpin tertinggi umat Katolik tersebut, Gerakan Pemuda (GP) Ansor membawa misi mendukung dokumen Human Fraternity for World Peace and Living Together yang dikampanyekan oleh Paus Fransiskus dan Grand Syech Al- Azhar.

Sebagaimana Dokumen Human Fraternity for World Peace and Living Together adalah pernyataan bersama yang ditandatangani oleh Paus Francis dari Gereja Katolik dan Syekh Ahmed el-Tayeb, Imam Besar Al-Azhar, pada 4 Februari 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Itu lahir dari diskusi terbuka persaudaraan antara Francis dan Tayeb, dan itu dimaksudkan sebagai panduan untuk memajukan "budaya saling menghormati".[WikipediA]

Dalam pertemuan itu juga Gus Yaqut menyampaikan dokumen GP Ansor Declaration on Humanitarian Islam atau deklarasi GP Ansor tentang Islam untuk kemanusiaan.

Gus Yaqut selaku Ketum GP Ansor menyerukan bahwa deklarasi GP Ansor bertujuan untuk membangun konsesus global demi mencegah dijadikannya agama, terkhusus Islam, sebaagai senjata politik.

Gus Yaqut yang didampingi Sekjen Abdul Rochman, beserta tiga wakil Sekjen (Hasanuddin Ali, Wibowo Prasetyo  dan Rifqi Al Mubarok) dan Ketua PW Ansor Riau Purwaji.

Menurutnya, humanitarian islam dimaksudkan untuk memupus maraknya kebencian komunal melalui perjuangan untuk mewujudkan tata dunia yang ditegakan diatas dasar penghormatan dalam kesetaraan hak dan martabat bagi setiap manusia.

Dalam pertemuan tersebut mereka menyampaikan kerhamonisan kehidupan beragama di Indonesia, dimana GP Ansor berkontribusi memeliaranya. Termasuk dalam menjaga kegiataan keagamaan umat Katolik di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x