Mohon tunggu...
Glugut Adhi
Glugut Adhi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Undip

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dukung Kemajuan UMKM, Praktik Bersama dengan Warga UMKM Hidroponik dalam Menyusun Instalasi Aquaponik

15 Agustus 2022   17:13 Diperbarui: 15 Agustus 2022   17:21 33 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kebonbimo, Boyolali (12/8) – UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan usaha produktif yang dikelola oleh individu atau kelompok yang sudah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. 

UMKM merupakan salah satu faktor yang memajukan Indonesia dari sisi finasial dan kesejahteraan masyarakat. UMKM ini merupakan usaha kecil atau menengah yang memiliki tujuan untuk berkembang dan mensejaterahkan secara ekonomi kepada anggota yang terlibat. 

UMKM Hidroponik yang terdapat di desa Kebonbimo merupakan salah satu UMKM yang sedang berkembang dan berinovasi untuk memajukan usaha mereka.

Gambar 1. UMKM Hidroponik

Inovasi terhadap ide baru merupakan hal yang perlu diperhatikan pada tiap sektor usaha. Hal tersebut dapat memajukan dan mengembangkan nilai sebuah usaha. Inovasi aquaponik pada UMKM hidroponik merupakan langkah baru yang diterima oleh warga UMKM hidroponik untuk mengembangkan produk mereka dan meluaskan ide produk. Aquaponik merupakan salah satu metode untuk menumbuhkan tanaman sayur dengan media air dari kolam ikan.

Berasal dari masalah tersebut, mahasiswa KKN Tim 2 2021/2022 Universitas Diponegoro (Undip), Cornelius Glugut Adhi W, pada tanggal 31 Juli 2022 melakukan aksi untuk mendukung ide yang muncul di UMKM hidroponik. Aksi tersebut dilakukan dengan tema “Praktik Bersama dengan Warga UMKM Hidroponik dalam Menyusun Instalasi Aquaponik”. 

Dengan tema itu, warga UMKM hidroponik di desa Kebonbimo ini diarahkan dan diajarkan secara langsung bagaimana menyusun instalasi aquaponik. Pada kegiatan ini, mahasiswa Undip hanya memberikan langkah awal dalam menyusun instalasi aquaponik dan praktik langsung dilakukan oleh warga UMKM.

Dokpri
Dokpri

Gambar 2. Pemberian langkah awal dalam menyusun instalasi aquaponik

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan