Mohon tunggu...
Neng Indah
Neng Indah Mohon Tunggu... Hanya seorang penulis amatir

Penulis amatir yang mengamati bidang biologi

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Benarkah Ikan Aligator Bebahaya?

4 September 2019   20:17 Diperbarui: 4 September 2019   20:20 89 1 1 Mohon Tunggu...

Ikan aiigator sekarang ini di Indonesia telah dilarang peredarannya, berdasarkan peraturan. Hal itu sesuai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 14 Tahun 2014 tentang Larangan Pemasukan Jenis Ikan Berbahaya dan Invasif di perairan Indonesia. Menurut kementrian yang dipimpin bu susi ini, Ikan aligator dinilai berbahaya dan mengancam ekosistem perairan. Tetapi benarkah demikian ?

Ikan aligator memang bisa berkuran raksasa, saya kutip dari nusabudidaya.com Ikan aligator terbesar di dunia panjangnya mencapai 2,5 meter dengan berat sekitar 148 kg. Walau begitu dihabitat aslinya di Amerika Utara sangat jarang dan bahkan bisa dianggap tidak ada kasus penyerangan manusia oleh ikan aligator. Sehingga klaim bahwa ikan aligator berbahaya terhadap manusia dapat dibantahkan dengan fakta tersebut.

Klaim ikan aligator membahayakan ekosistem pun sebenarnya dapat dipertanyakan, mengingat di habitat asalnya pun masih banyak ikan kecil yang hidup dan disana pun tidak pernah ada penelitian yang menyatakan suatu spesies ikan punah akibat ikan aligator. Jadi pernyataan bahwa ikan ini bisa membahayakan ekosistem barulah sebuah hipotesis atau perkiraan saja.

Ikan ini termasuk ikan yang susah berkembang biak, bahkan dalam membudidayakannya ikan ini perlu disuntik hormon agar mau memijah sehingga kemungkinan ikan ini bisa menguasai perairan nusantara pun tidak ada dasarnya, orang berkembang biaknya lambat kok. Bahkan di amerika sendiri menurut Florida Museum ikan ini merupakan spesies langka yang terancam punas sehingga saya sangat miris saat mengetahui akibat adanya peraturan menteri kelautan yang melarang beredarnya ikan aligator terjadi pemusnahan massal spesies ikan ini di Indonesia, tentu sungguh disayangkan. Untung saja pemusnahan secara massal spesies ikan langka ini tidak sampai disorot berita internasional.

Kalau sampai tersorot dan terjadi aksi balasan pemusnahan spesies langka asli Indonesia di Luar Negeri siapa yang mau bertanggung jawab? 

Untuk itu sebaiknya peraturan tentang pelarang jenis ikan ini segera dicabut dan spesies ikan langka ini sebaiknya dibantu untuk dikonservasi bukan dimusnahkan. Karena alasan pelarangan ikan ini hanyalah baru kekhawatiran saja tanpa fakta di lapangan.

VIDEO PILIHAN