Mohon tunggu...
Griffin
Griffin Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Jika Saya Menjadi Menteri Luar Negeri

10 Mei 2019   14:16 Diperbarui: 10 Mei 2019   14:24 0 0 0 Mohon Tunggu...

Jumat, 24 April 2019

Kala itu, matahari siang bersinar terik menyinari Cikarang. Tepat pada pukul 15.00 WIB, kami satu kelompok membuat video "Jika saya menjadi menteri luar negeri." Di salah satu rumah di perumahan Beverly ada sekelompok anak SMA yang sedang menjalankan shooting perdananya. Anggota dari kelompok tersebut terdiri dari 5 orang 3 diantaranya seorang siswi dan 2 lainnya seorang siswa di SMA Dian Harapan Lippo Cikarang. Kelompok tersebut d iantaranya ada:

  • Jessica Nathalia : Berperan sebagai salah satu murid dan Menteri Luar negeri.
  • Griffin                   : Berperan sebagai salah satu murid dan Menteri Luar negeri.
  • Eirene                   : berperan sebagai cameraman dan orang yang menjelaskan apa itu hubungan internasional.
  • Briyan Dustin     : Sebagai salah satu murid dan Menteri Luar negeri.
  • Yoselin                  : Sebagai salah satu murid dan Menteri Luar negeri.

Persiapan untuk membuat video ini sudah ditata secara apik, baik properti maupun planning pun sudah di rencanakan secara seksama. Shooting pada hari itu berjalan sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Tidak hanya mengambil scene dengan latar tempat perumahan saja, kelompok kami juga mengambil beberapa cuplikan yang berlatar tempat sekolah Dian Harapan. Scene video pertama yang kami ambil di sekolah, kami lakukan sehari sebelum kami membuat part dibagian atas ini. Tanggalnya tepat kami laksanakan pada tanggal 23 April 2019. Namun pada hari itu, kami belum dapat memaksimalkan video kami. Karena pada hari Kamis itu, kami masih dalam tahap perundingan untuk konsep maupun kata -- kata yang kami ingin ucapkan.

Seminggu setelah kami melakukan kegiatan diatas, kami mengisi waktu tersebut untuk mengedit sebagian dari videonya. Tak hanya mengedit sebagian itu, kami juga mengisi suara kami untuk melengkapi keperluan video itu. Dan tentunya karena masih ada beberapa bagian dari video yang kurang, kami juga mengambil beberapa scene dalam videonya di sekolah.  

Dalam konten yang kami buat, inti dari video atau short movie yang kami buat ini lebih menonjolkan sisi kerja sama antar dua negara saja, yang dimana kita semua kenal dengan hubungan bilateral. Kerja sama yang terjadi dalam video ini adalah kerja sama antara negara indonesia, UAE, Australia dan Jepang.

Dalam video ini kami berlima membagi negara-negara tersebut sebagai peran kami masing-masing. Seperti Yoselin, dirinya berperan sebagai menteri luar negeri Indonesia. Dirinya memiliki peran penting bagi negaranya karena dari dirinyalah Indonesia dapat menjalin hubungan kerjasama dengan negara-negara lain. Akankah Yoselin sebagai mentri luar negeri Indonesia mampu menjalin kerjasama dengan negara-negara luar dan membantu memperbaiki atau menghasilkan hubungan antar negara yang baik?

Penasaran dengan hasil yang diperoleh dari mentri luar negeri ini, dan apa saja teori yang dapat kita dapatkan? Maka segera saksikanlah video kelompok kami ini dengan menonton video yang ada di link bawah ini. Jangan lupa untuk like, comment, dan share ke teman -- teman kalian, agar kalian semua mengerti bagaimana hubungan internasional itu terjadi.

Untuk menonton videonya, klik DI SINI.