Mohon tunggu...
Kompasianer METTASIK
Kompasianer METTASIK Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis itu Asyik, Berbagi Kebahagiaan dengan Cara Unik

Metta, Karuna, Mudita, Upekkha

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Selamatkan Diri Masing-Masing, Tentang Aku dan Aku

18 November 2022   19:09 Diperbarui: 18 November 2022   19:09 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Selamatkan Diri Masing-masing, Tentang Aku dan Aku (gambar: aconsciousrethink.com, diolah pribadi)

Saya akronimkan dengan SDM. Tapi, bukan Sumber Daya Manusia seperti cabang ilmu manajemen. Selamatkan Diri Masing-masing adalah upaya setiap orang untuk menomorsatukan diri sendiri. Keluar dari dari berbagai problema. Entah dari masalah besar, atau yang remeh-temeh.

Dan sepertinya aksi ini juga memiliki semboyan, yakni mengatasi masalah tanpa masalah. Lalu, apa masalahnya?

Saya menyimpulkan secara singkat, ada faktor Ego di sini.

Aku lebih mementingkan diri sendiri, karena Aku lebih baik daripada orang lain. Karena Aku memiliki banyak hal yang patut dihormati, karena Aku adalah Aku yang tidak bisa digantikan oleh orang lain.

Benar, Aku adalah makhluk pribadi, satu-satunya di dunia ini. Tapi, harus diingat juga bahwa masih banyak Aku di luar sana. Yang bilamana digabung akan membentuk sebuah komunitas sosial. Dengan demikian, maka Aku sebenarnya adalah makhluk sosial yang terdiri dari sekumpulan makhluk-makhluk pribadi.

Singkatnya, Aku tidak bisa hidup sendiri tanpa Aku A, Aku B, Aku C, dan seterusnya. Aku ini saling berkaitan, saling membutuhkan, melengkapi, memenuhi satu dengan yang lainnya yang diperlukan.

Kebutuhan pribadi, kebutuhan sosial, Kebutuhan sekarang dan masa yang akan datang. Kebutuhan material dan spiritual. Apapun nama kebutuhan, kebutuhan adalah kebutuhan.

Manusia merupakan bagian dari parsial dan Universal. Membutuhkan hal-hal untuk yang vertikal maupun kebutuhan bersama secara horizontal.

Wajar bila setiap orang lebih mengutamakan kepentingan diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Sejak kecil dirumah, maupun di sekolah. Di lingkungan Masyarakat, di dunia kerja, dan dalam kehidupan berbangsa, serta bernegara hingga antar dunia.

Penilaian untuk memperoleh penghargaan hingga memperoleh penghasilan memerlukan proses untuk mendapatkan pengakuan dari lokal, daerah, nasional, maupun internasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun