Mohon tunggu...
Kompasianer METTASIK
Kompasianer METTASIK Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis itu Asyik, Berbagi Kebahagiaan dengan Cara Unik

Metta, Karuna, Mudita, Upekkha

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Keajaiban Hidup, Ketika Kita Bisa Mengosongkan Pikiran

9 November 2022   19:09 Diperbarui: 9 November 2022   19:21 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Keajaiban Hidup Ketika Kita bisa Mengosongkan Pikiran (gambar: huffpost.com, diolah pribadi)

Salah satu keajaiban hidup ada di dalam genggaman kita: ketika kita bisa mengosongkan seluruh isi pikiran dan memulai apapun dari awal dan baru lagi. Ada yang menyebutnya memasuki alam keheningan, ruang hampa penciptaan, atau Medan Kuantum.

Senin minggu lalu kupraktikkan itu ketika harus mengurus jebakan tawaran tele marketer asuransi dan aktivasi Kartu Kreditku yang ribet karena KK baru ini tidak muncul di dalam sistem aplikasi bank di gadget-ku.

Aplikasi yang tidak berjalan semestinya dan data KK yang tidak sinkron adalah adalah masalah lama yang mbulet bin ribet dan bikin aku malas mengurusnya!

Perasaan bahwa uangku terampas oleh trik telemarketing asuransi, dan lain-lain serta kejanggalan sistem aplikasi perbankan itu membuatku kesal. Tetapi tetap harus kuurus dengan datang ke bank yang antrenya panjang dan lama. Mau mencak-mencak tidak terima ya percuma. Coba kupraktikkan saja menyetel pikiran ke posisi 0:0. ....

Don't Create any story! ... Just be. Just do it!

Dengan menyetel pikiran ke posisi 0-0 itu, dan menyimak musik Kitaro aku menuju bank kantor pusat di Kuta... Sesekali aku melihat langit Bali yang biru. Aku merasa hanya seorang manusia tanpa masa lalu atau masa depan, sedang berada di pulau idaman manusia sedunia, dan di bawah langit biru. ...

Ajaib. Pertama, di parkiran aku dapat slot yang paling diidamkan yang baru saja ditinggalkan nasabah lain. Padahal, Senin hari yang teramat sibuk. Lalu, begitu masuk, kok kebetulan konter CS asuransi kosong. Aku langsung duduk dan ngomel tanpa membesar-besarkan cerita yang menimpaku selama ini. CS ini sangat responsif dan urusanku menutup asuransi kelar.

Mendengar aku punya masalah dengan aplikasi perbankan, CS lain yang duduk di sebelah CS asuransi tiba-tiba berdiri menawarkan bantuan. Padahal dia bukan petugas CS yang melayani antrean. He is the boss!

Setelah mengecek aplikasiku, ia juga berdecak heran soal KK yang tidak muncul di aplikasi. "Jadi, bukan karena saya gaptek kan?" kataku, sedikit lega. "Bukan. Ini memang ganjil," katanya.

Aku terus menjaga pikiran agar tidak mengarang cerita dengan asumsi apapun. Agar solusi muncul dari medan kuantum. ...

CS ini menelepon ke kantor pusat. Lama dan panjang. Akhirnya masalahnya ketahuan: aku dulu itu membuka rekening di Jakarta. Waktu pindah ke Bali dan ber-KTP Bali tetap menggunakan rekening yang sama. Informasi indukku dan berbagai data lain termasuk email dan nomor telepon sebagai nasabah tetap di Jakarta dan bank di Bali hanya pelaksana. ... Dst, dll dlsb. ...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun