Mohon tunggu...
Kompasianer METTASIK
Kompasianer METTASIK Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis itu Asyik, Berbagi Kebahagiaan dengan Cara Unik

Metta, Karuna, Mudita, Upekkha

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Praktik CSR: Apakah Sama dengan Praktik Dana?

30 September 2022   04:21 Diperbarui: 30 September 2022   04:24 176 12 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Program CSR -- Apakah Sama dengan Praktik Dana? (gambar: kemenkopukm.go.id)

Praktik dana merupakan perbuatan baik yang bermanfaat bagi orang lain dan diri kita sendiri -- dapat dilihat dan dirasakan seketika pada kehidupan ini. Kita tak acuh terhadap kata-kata teman yang menjengkelkan, termasuk dana kepada teman yang "menjengkelkan".

Manfaat bagi diri kita adalah tidak membuat diri kita emosi, marah, dan sakit. Kita merasakan bahagia dan pikiran ringan tanpa ada beban. Lalu, kita berpikir mengapa tidak dari dulu-dulu demikian, mengambil tindakan masa bodoh saja.

Saya telah beberapa kali memberikan uang kepada Ibu, yang membawa anak kecil, yang berjualan kerupuk, di depan rumah kosong di perempat jalan dekat kantor, tanpa mengambil kerupuknya. Ibu tersebut dan anaknya merasa senang untuk menerima uang saya dengan senyuman lebar di muka mereka. Saya juga ikut senang karena sudah dapat membuat mereka senyum dan bahagia.

Teman saya yang suka membeli makan pada siang hari dan sore hari untuk makan siang dan makan sore kepada teman-teman yang bertamu di kantornya, hasilnya banyak teman-teman yang berkunjung ke tempatnya karena dapat makan gratis.

Manfaat bagi diri teman saya yang memberikan makanan merasa bahagia karena banyak teman yang menemani dia di kantor. Untuk teman-teman yang dapat makan gratis, merasa bahagia.

Praktik dana dipercaya merupakan dasar untuk melakukan kebajikan bagi setiap manusia. Seseorang yang berlatih untuk berdana secara rutin dapat meningkatkan kerelaannya dan menghancurkan keserakahannya.

Kerelaan yang diperoleh dapat menghilangkan kemelekatan atas barang-barang yang disukai atau orang-orang yang dicintai. Seseorang dengan adanya kerelaan yang tinggi tidak akan terlarut dalam kesedihan yang berkepanjangan jika terjadi kehilangan barang-barang yang disukai.

Seseorang yang telah berpraktik dana dan meningkatkan kesadaran untuk berbuat baik, dia akan berkehendak untuk menjalankan kehidupan sehari-harinya dengan berkata, berpikiran, dan berperilaku yang baik dan benar.

Dia berusaha untuk bermatapencaharian yang benar dengan menghindari perdagangan yang berhubungan dengan pembunuhan makhluk dan menghindari penjualan barang yang dapat melemahkan kesadaran.

Tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) yang dilakukan perusahaan, apakah termasuk dalam praktik dana bagi perusahaan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan