Mohon tunggu...
Kompasianer METTASIK
Kompasianer METTASIK Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis itu Asyik, Berbagi Kebahagiaan dengan Cara Unik

Metta, Karuna, Mudita, Upekkha

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kunjungan Kerja FKUB Sulawesi Selatan ke Turkiye

15 September 2022   07:29 Diperbarui: 15 September 2022   07:42 169 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kunjungan Kerja FKUB Sulawesi Selatan ke Turkiye (gambar: wall.alphacoders.com, diolah pribadi) 

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Selatan baru saja menyelesaikan tugas kunjungan kerja ke Turkiye. Negara yang berada di kawasan eurasia, terletak dipersilangan dua benua, yang menjadi jembatan peradaban budaya timur dan barat.

Kegiatan ini turut diikuti oleh 46 orang dipimpin oleh Dr. H. Nurman Said, M.A. yang terdiri dari pengurus FKUB Sulawesi Selatan, pengurus FKUB kabupaten kota dan para aktivis kerukunan. Bertujuan untuk menambah wawasan sejarah, budaya dan keagamaan.

Rombongan tiba di Istanbul International Airport pada tanggal 27 Agustus 2022 pukul 4.05 waktu setempat, dan langsung menuju Bursa kota yang pernah menjadi ibukota Kesultanan Utsmaniah pada tahun 1326-1365. Mengunjungi Green Mosque dan Green Tomb yang dibangun pada tahun 1421 oleh Ivaz Pasa atas permintaan Sultan Mehmet II.

Keesokan hari rombongan mengunjungi Efesus yang merupakan ibukota provinsi di zaman Romawi. Mengamati reruntuhan Library of Celcius dan Hadrian Temple. Sore hari menuju Pamukkale mengunjungi reruntuhan kota kuno Romawi, Hierapolis. Di kota ini Maria, ibu Yesus, menghabiskan sisa hidupnya bersama Rasul Yohanes.

Pada tanggal 30 Agustus, bertepatan dengan hari raya Kemenangan Turkiye, rombongan melakukan perjalanan dari Isparta ke Cappadocia. rombongan singgah di Sulthanhani Caravanserai, yang merupakan hotel tertua di dunia. Caravanserai adalah bangunan yang didirikan oleh raja sebagai tempat penginapan atau beristirahat para khafilah. Turkiye merupakan wilayah lintasan jalur sutra, sehingga banyak dilewati para khafilah.

Rombongan menginap dua malam di kota kuda Cappadocia, Suhan Hotel. Kota ini terkenal dengan Balon Udara yang merupakan Icon Turkiye. 

Kunjungan kerja FKUB Sulawesi Selatan ke Turkiye (dokpri, yonggris lao)
Kunjungan kerja FKUB Sulawesi Selatan ke Turkiye (dokpri, yonggris lao)

Dalam perjalanan dari Cappadocia menuju Istanbul, Rombongan melintas di Ibukota Turkiye, Ankara. singgah di Kantor Kedutaan Indonesia yang terletak di Jalan Sukarno, untuk menyelesaikan kebutuhan administrasi. Rombongan Juga mengunjungi Mustafa Kemal Ataturk Mausoleum, museum dan makam bapak pendiri republik Turkiye yang setiap hari sangat ramai dikunjungi orang.

Jumat 2 September rombongan mengunjungi sekaligus Shalat Jumat di Hagia Sophia, yang terletak dipusat kota Istanbul, kota terbesar Turkiye. bangunan bersejarah ini didirikan mulai tahun 537 sebagai gereja Katedral katolik ortodoks, di tahun 1204 - 1261 oleh pasukan Salib dijadikan gereja katolik romawi.

Bangunan ini menjadi masjid mulai 29 Mei 1453 sampai 1931 pada masa kekuasaan kesultanan Utsmani.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan