Mohon tunggu...
Grup Penulis METTASIK
Grup Penulis METTASIK Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis itu Asyik, Berbagi Kebahagiaan dengan Cara Unik

Metta, Karuna, Mudita, Upekkha

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Lindungi Data Diri di Era Keterbukaan Informasi

24 November 2021   06:00 Diperbarui: 25 November 2021   05:31 184 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lindungi Data Diri di Era Keterbukaan Informasi (ilustrasi Pribadi)

Era keterbukaan informasi saat ini memang memberikan dampak positif yang tidak sedikit bagi kita yang hidup di zaman ini. Informasi apapun dapat kita temukan dengan mudah asalkan memiliki gawai dan koneksi internet stabil.

Bukan hanya sekadar menemukan informasi, kita juga dapat dengan mudah membagikan informasi kepada target yang dituju. Sayangnya, kondisi ini tidak diiringi dengan sikap bijak dan literasi digital yang baik bagi sebagian pihak. Sehingga tanpa disadari, justru informasi yang dibagikan berpotensi membahayakan diri sendiri.

Seperti kasus jual beli foto selfie dengan memegang KTP di Facebook (kompas.com, 28 Juni 2021). Ini membuktikan bahwa sebagian masyarakat Indonesia belum memiliki kesadaran akan resiko penyalahgunaan data pribadi.

Bahkan ada sebagian pihak yang sengaja mengunggah hasil swafoto bersama KTP di media sosial. Ini jelas-jelas membahayakan dirinya.

Hasil penelitian Hootsuite yang diunggah Founder Drone Empirit Ismail Fahmi, 15 Februari 2021, menyatakan: sebesar 73,7% dari 274,9 juta penduduk Indonesia merupakan pengguna internet aktif.

Angka yang fantastis, tapi apakah kita dapat menjamin 202,6 juta pengguna internet di Indonesia ini memiliki moral, etika dan perilaku sosial yang baik?

Beberapa potensi bahaya yang dapat muncul dari penyalahgunaan data pribadi termasuk KTP antara lain, pemalsuan dokumen penting, pencatutan identitas untuk layanan fintech ilegal, hingga pembobolan rekening bank.

Sungguh berbahaya dampaknya. Data pribadi terutama KTP dan KK merupakan data vital yang digunakan sebagi syarat registrasi layanan penting.

Hal ini memiliki dampak langsung pada kehidupan kita. Mulai dari registrasi kartu SIM operator seluler hingga jasa pelayanan bank. Semuanya menggunakan KTP.

Alasan-alasan tersebut cukup menyatakan bahwa data pada KTP dan KK patut untuk dirahasiakan dari akses orang-orang yang tidak bertanggung jawab, serta tidak diumbar menjadi konsumsi publik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan