Mohon tunggu...
grover rondonuwu
grover rondonuwu Mohon Tunggu... Aku suka menelusuri hal-hal yang tersembunyi

pria

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Berdialog dengan Hewan-hewan itu, Mungkin.

26 April 2019   08:16 Diperbarui: 4 Juni 2019   23:00 0 1 0 Mohon Tunggu...

Seekor babi tua nan bijak bernama Major, berpidato dihadapan anjing, kuda, keledai, kucing, burung, dan babi-babi. Katanya: "Revolusi harus digerakkan untuk menggulingkan kekuasaan manusia yang menindas"

Jika kekuasaan manusia dijungkir balikkan maka  kesetaraan dan keadilan diantara hewan-hewan akan tercapai.Begitulah ideologi yang ditanamkan si babi mayor kepada kumpulan hewan-hewan.

Ketika si Major babi mangkat, maka revolusi benar-benar terjadi. Para hewan memberontak pada penguasa manusia yang tidak punya perasaan kehewanan itu, lalu  menggulingkannya dari tahtanya.

Pasca revolusi, kepemimpinan dipegang oleh dua ekor babi yaitu, Snowball dan Napoleon. Snowball adalah babi yang cerdas, gagasannya untuk memajukan ekonomi para hewan sangat brilian. Sementara Napoleon adalah pemimpin yang berwatak kuat dan tegas. Napoleon merasa kecerdasan kawannya mengancam popularitasnya dan posisinya.

Suatu waktu Napoleon menyuruh para anjing untuk membunuh Snowball. Untung Snowball berhasil melarikan diri dari negara para hewan-hewan  itu.

Nah, karena rival terdekat tidak ada lagi, maka Napoleon menjadi pemimpin tunggal para hewan. Napoleon duduk dipuncak piramida kekuasaan.

Lama kelamaan kepemimpinan Napoleon semakin keras. Si babi ini menjalankan politik tangan besi, diskriminatif, korup, dan menghisap. Cita-cita kesetaraan dan pemerataan diawal revolusi tidak diperhatikannya lagi. Kepemimpinannya semakin mirip gaya kepemimpinan manusia.

Begitulah pada awal revolusi  semua hewan apapun latar belakangnya, bersatu padu untuk menggulingkan tirani manusia. Ketika revolusi selesai, maka revolusi menelan anak-anaknya sendiri.

Itulah cuplikan novel pendek  berjudul "Animal Farm" karya  George Orwell, penulis  terkenal asal Inggris.

Hewan-hewan dalam novel "Animal Farm" ini,  berperilaku seperti manusia. Kisah hewan yang kelakuannya sama dengan manusia, dalam bahasa Inggris disebut "fable" dalam bahasa Indonesia disebut Fabel.

Indonesia kaya akan cerita Fabel. Si kancil yang cerdik, buaya yang tamak, anjing yang setia, semut yang rajin, dan banyak lagi kisah hewan-hewan yang berperilaku seperti manusia. Disetiap daerah di Nusantara ini menyimpan kisah-kisah Fabel yang lucu, menegangkan juga menakutkan.

Ciri-ciri cerita fabel biasanya sederhana, singkat tapi punya pesan moral yang jelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3