Mohon tunggu...
Wongso Yudi Dharma
Wongso Yudi Dharma Mohon Tunggu... -

Konsultan kesehatan independen yang gemar blogging

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Cara Ampuh Sembuhkan Asma dengan Tanaman Tradisional

22 Juli 2016   09:25 Diperbarui: 31 Mei 2018   13:00 16898 3 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Asma itu adalah penyakit jangka panjang yang bisa mengakibatkan pengidapnya susah untuk bernafas, batuk-batuk, dan mengalami mengi saat kambuh. Setiap orang itu mempunyai tingkat keparahan yang berbeda-beda akan penyakit ini, dan biasanya itu bisa dikendalikan dengan baik. Penyakit asma ini bisa terjadi saat saluran nafas / bronkus mengalami radang. Bronkus yang bentuknya seperti tabung kecil tersebut fungsinya untuk mengangkut udara masuk & keluar dari paru-paru. Dan umumnya bronkus pada pengidap penyakit asma itu lebih sensitif dari orang-orang lain & lebih mudah mengalami radang.

Faktor Penyebab Munculnya Serangan Asma

Berikut ini merupakan beberapa penyebab penyakit asma, akan tetapi penyebab itupun berbeda-beda bagi setiap pengidapnya. 

  • Akibat infeksi paru-paru dan saluran napas yang biasanya di akibatkan oleh virus flu dan demam.
  • Alergen, seperti tungau debu, bulu binatang, dan juga serbuk sari.
  • Akibat iritasi udara seperti uap kimia, asap rokok serta polusi udara.
  • Faktor cuaca seperti cuaca panas, cuaca berangin, cuaca dingin yang didukung dengan kualitas udara yang buruk, cuaca lembab & adanya perubahan suhu yang drastis.
  • Akibat dari konsumsi makanan / minuman yang mengandung sulfit (zat alami yang terkadang dipakai untuk mengawetkan makanan) seperti udang, selai, makanan olahan, makanan setengah matang, minuman sari buah kemasan.
  • Olahraga, terkadang gejala asma bisa menjadi lebih buruk ketika pengidapnya berolahraga.
  • Keadaan dalam ruangan seperti ruangan yang lembab / berjamur, bahan kimia karpet, bahan lantai dan tungau debu.
  • Faktor emosi seperti stress.

Gejala Apa Saja Yang Muncul dari Penyakit Asma

  • Batuk-batuk yang kerap terjadi di awal pagi hari dan malam hari.
  • Mengalami susah untuk bernapas.
  • Mengalami sesak di dada.
  • Mengi.
  • Susah tidur akibat napas pendek dan batuk.

Ada beberapa macam tanaman tradisional yang berkhasiat mampu di jadikan sebagai obat tradisional penyakit asma diantaranya :

1. Karuk
Karuk atau yang disebut juga dengan daun sirih tanah adalah tanaman liar yang banyak tumbuh pada beberapa daerah di Indonesia. Karuk ini juga merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai banyak sebutan seperti amelun une, kado-kado, cabean, dan lain sebagainya. Tanaman ini dapat dikembangkan dengan melakukan stek batang. Dan didalam dunia pengobatan, tanaman karuk ini terkenal cukup manjur dalam mengatasi beragam macam penyakit seperti asma, susah buang air kecil, panu, nyeri tulang, dan sakit perut.

Hal ini dikarenakan zat yang terkandung didalam akar, batang, daun serta buahnya. Karuk ini merupakan jenis tanaman yang diperkaya akan kandungan polifenol dan saponin, dan didalam daun dan buahnya mengandung tinggi akan kandungan flavonoid dan minyak atsiri. Dan kandungan kimia yang berada pada tanaman karuk ini memberikan efek farmakologis yang sangat baik untuk tubuh, seperti mempunyai rasa pedas & peluruh lendir (pada daun), rasa pedas peluruh seni & batu empedu (pada akar).

Namun bagian yang biasanya kerap digunakan dari tanaman ini ialah pada bagian daunnya, daun karuk ini bisa di manfaatkan sebagai bahan ramuan obat tradisional penyakit asma yang fungsinya untuk mengencerkan lendir / dahak dibagian saluran pernafasan yang kemudian di keluarkan dari dalam tubuh.
Dengan lendir yang berkurang dari saluran pernapasan ternyata bisa membuat aliran udara yang masuk kedalam tubuh menjadi lancar, sehingga bernafas pun menjadi lebih lega. Selain dari pada itu, rasa pedas yang dimiliki tanaman karuk ini juga bersifat menghangatkan sehingga bisa memberi rasa nyaman pada rongga & saluran pernapasan.

Cara Mengolah Daun Karuk Untuk Obat Asma

  • Ambil daun karuk segar sebanyak 3 s-d 5 lembar.
  • Cuci bersih daun karuk.
  • Haluskan daun karuk dengan cara menumbuknya.
  • Kemudian daun karuk yang sudah di haluskan di seduh dengan setengah gelas air panas.
  • Saring & dinginkan.
  • Lalu tambahkan sedikit gula atau madu, supaya air seduhannya terasa lebih nikmat.
  • Air rebusan daun karuk sudah siap diminum.

Dosis : minum air rebusan ini sebanyak 3x sehari.

2. Jahe
Jenis rimpang yang satu ini memang terkenal dengan khasiatnya sebagai penghangat tubuh, tetapi selain itu, rimpang yang satu ini rupanya juga mempunyai khasiat lain yang ampuh untuk membantu mengobati asma dan juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan. Untuk mengambil khasiat dari rimpang jahe ini, Anda dapat memadukan jahe ini dengan madu. Sebab, madu sangat cocok dan tepat untuk di padukan dengan rimpang jahe. Dikarenakan, selain mempunyai rasa yang sangat nikmat, perpaduan ini juga dapat membantu pengidap penyakit asma untuk segera sembuh secara alami dan cepat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan