Mohon tunggu...
Griya Yatim
Griya Yatim Mohon Tunggu... Lembaga Amil Zakat Nasional

Menjembatani Kepedulian Para Dermawan Kepada Anak Yatim dan Kaum Dhuafa di 39 Cabang, 13 Provinsi diseluruh Indonesia. Ayo Berbagi Keceriaan di Sini ↓ berbagi.link/griyayatim

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Dengan Modal Sedikit Bisa Untung Banyak

20 Januari 2021   09:15 Diperbarui: 20 Januari 2021   09:33 50 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dengan Modal Sedikit Bisa Untung Banyak
dok. Griya Yatim & Dhuafa

Griya Yatim & Dhuafa -- Kak, tahukah bahwa ada sebuah perniagaan yang modalnya sedikit, namun banyak sekali keuntungannya baik di dunia maupun di akhirat? Pada hakikatnya manusia mengingkan keuntungan yang sangat besar di dalam mencari keuntungan dan terhindar dari segala kerugian yang menimpah mereka.

Manusia Hanya Berkepentingan Duniawi

Namun, sangat di sayangkan manusia hanya mengharapkan kesuksesan dan meraih keuntungan hanya di pergunakan di dalam urusan dunia saja. Sedangkan untuk bekalan akhirat mereka hanya merasa puas dengan hasil yang pas-pasan. Ini merupakan sifat manusia yang dikuasai oleh hawa nafsunya.

Allah Ta'ala berfirman : "Mereka hanya mengetahui yang lahir (nampak) dari kehidupan dunia saja, sedang mereka tentang (kehidupan) akhirat adalah lalai" (QS. Ar-Rum : 7). Maka Allah mengajak kepada  manusia untuk melakukan sebuah perniagaan kepada manusia, yang tidak akan pernah rugi baik di dunia maupun di akhirat. Sebagaimana Allah Ta'ala berfirman :

"Hai orang-orang yang beriman, maukah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? Yaitu kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan-Nya dengan harta dan jiwamu, itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan memasukkan kamu ke tempat tinggal yang baik di surga 'Adn. Itulah keberuntungan yang besar" (QS. As-Shaff : 10-12).

dok. Griya Yatim & Dhuafa
dok. Griya Yatim & Dhuafa
Maka Berniagalah Dengan Allah

Sedekah atau menginfaqkan sebagian harta di jalan Allah merupakan salah satu perniagaan yang Allah perintahkan sesuai dengan dalil di atas. Salah satunya seperti memberikan bantuan kepada anak yatim, fakir, miskin atau orang yang membutuhkan.

Sedekah jadi kunci untuk dimudahkan rezeki atau diberikan kekayaan oleh Allah. Setiap sedekah yang diberikan seorang muslim, baik berupa harta, makanan atau pakaian terhadap orang yang membutuhkan, maka Allah akan membalasnya berkali lipat.

Sebagaimana Allah Ta'ala  berfirman di dalam Al-Qur'an yang artinya : "Perumpamaan orang yang berinfak di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan pahala bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Maha luas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah : 261)

Ayat ini merupakan motivasi besar sekaligus jaminan dari Allah bahwa bersedekah itu tidak akan pernah membuat miskin. Justru sebaliknya, bersedekah akan menjadikan harta seseorang semakin bertambah berkah. 

Yuk Kita Berniaga Dengan Sedekah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN