Mohon tunggu...
Gregorius Dimas Ananda K
Gregorius Dimas Ananda K Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Refleksi Geladi Hominisasi

10 Desember 2022   16:10 Diperbarui: 10 Desember 2022   16:16 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelum melaksanakan kegiatan Geladi Hominisasi saya mengerjakan tugas pra Gladi Hominisasi. Pertama saya menyimak Lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" 3 stanza. Lirik yang menurut saya menarik adalah "tanah pusaka" yang artinya Indonesia memiliki banyak pusaka berupa kekayaan alam yang melimpah.  Kemudian saya memilih  1 dari 10 film dokumenter dan yang saya pilih adalah "MUTUALISME". 

Pada saat hari H kegiatan Geladi Hominisasi, saya mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai. Kegiatan dilakukan via Zoom dimulai dengan pengantar geladi, sambutan, perkenalan kelompok, menyiapkan bahan presentasi, presentasi, sampai voting untuk kelompok dengan presentasi terbaik.  Kegiatan ditutup dengan mengisi mentimeter seputar kegiatan geladi.

Selama mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi, saya mendapatkan beberapa pengalaman. Geladi Hominisasi merupakan upaya agar kita semua dapat berpikir logis dan menunjukkan tanggung jawab berkaitan dengan kehendak bebas kita. Geladi Hominisasi juga mengasah kemampuan kita untuk menggunakan logika dan bahasa dengan benar.

Bahasa itu membentuk identitas, karena bahasa berperan sebagai perekat bangsa. Tanpa adanya bahasa negara tidak akan bisa solid. Negara akan maju jika ada kontribusi dari warga negaranya.

Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti Geladi Hominisasi adalah pentingnyab kita sebagai warga negara harus dapat berpikir dengan logis. Dengan tugas yang diberikan untuk mempresentasikan suatu topik dalam wakitu yang cukup singkat, hal ini mengasah kemampuan saya untuk berpikir dengan kritis dan cermat.

Dalam Geladi Hominisasi, kemampuan yang saya dapatkan dan akan saya terapkan dalam perjalanan kuliah adalah kemampuan untuk bekerjasama dengan orang baru. Walaupun dihadapkan dengan orang baru, kegiatan geladi ini membuat saya berpikir dengan cepat dan kritis untuk mencari solusi serta beradaptasi dengan kelompok.

Cara saya meningkatkan kemampuan saya dalam berpikir dan berbahasa sebagai warga negara adalah dengan bekerja sama. Dengan bekerja sama dengan orang lain, pikiran kita akan terbuka dengan hal-hal baru yang membuat kita untuk berpikir secara kritis. Dengan status seorang mahasiswa, hal yang dapat saya lakukan seperti bergabung dengan organisasi, atau melakukan kerja kelompok.

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun