Mohon tunggu...
Gregorius Nafanu
Gregorius Nafanu Mohon Tunggu... Petani - Pegiat ComDev, Petani, Peternak Level Kampung

Dari petani, kembali menjadi petani. Hampir separuh hidupnya, dihabiskan dalam kegiatan Community Development: bertani dan beternak, plus kegiatan peningkatan kapasitas hidup komunitas lainnya. Hidup bersama komunitas akar rumput itu sangat menyenangkan bagiku.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Harkitnas 20 Mei dan Menanamkan Nilai Perjuangan untuk Generasi Muda

20 Mei 2024   08:34 Diperbarui: 20 Mei 2024   08:39 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Organisasi Boedi Oetomo, cikal bakal kebangkitan bangsa Indonesia melalui pergerakan organisasi (dok foto: media24.id)

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) pada tanggal 20 Mei memiliki makna yang penting bagi perjalanan bangsa Indonesia.  Mulai dari perjuangan membebaskan diri dari belenggu penjajahan hingga perjuangan mengisi kemerdekaan yang telah diraih.

Peringatan Harkitnas merujuk pada berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada tahun 1908 yang menjadi cikal bakal gerakan nasional Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan dari penjajahan Belanda.

Apabila di zaman penjajahan bangsa Indonesia bersatu untuk mengusir bangsa penjajah dari seluruh wilayah kedaulatan Indonesia, maka  perjuanganuntuk mengisi kemerdekaan pun tak kalah pentingnya.

Saat ini yang dihadapi adalah bagaimana berjuang untuk membebaskan diri dari belenggu kemisikinan, kebodohon, dan ketidakadilan sosial di berbagai sektor kehidupan dan penghidupan.

Hal paling penting dalam kaitannnya dengan peringatan Harkitnas 20 Mei, maka perlu menanamkan nilai perjuangan bagi generasi muda kita. 

Di masa depan, merekalah yang akan melanjutkan perjuangan bangsa ini, baik di dalam negeri maupun memperjuangkan eksistensinya di dunia internasional.

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu dilakukan kepada para generasi muda Indonesia.

1. Edukasi Sejarah

Penting untuk mengenalkan sejarah perjuangan bangsa kepada generasi muda. Sebab banyak nilai-nilai kepahlawanan yang bisa diteladani oleh generasi muda zaman sekarang.

Dengan memahami perjuangan para pahlawan dan tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan, generasi muda dapat menghargai nilai-nilai persatuan, kemerdekaan, dan patriotisme.

Memaknai nilai-nilai edukasi dalam perjuangan Boedi Oetomo (dok foto: tirto.id)
Memaknai nilai-nilai edukasi dalam perjuangan Boedi Oetomo (dok foto: tirto.id)

2. Memperingati Hari Kebangkitan Nasional

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun