Mohon tunggu...
Gregorius Nafanu
Gregorius Nafanu Mohon Tunggu... Petani - Pegiat ComDev, Petani, Peternak Level Kampung

Dari petani, kembali menjadi petani. Hampir separuh hidupku, kuhabiskan dalam kegiatan Community Development: bertani dan beternak, plus kegiatan peningkatan kapasitas hidup komunitas lainnya. Hidup bersama komunitas akar rumput itu sangat menyenangkan bagiku.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Mengenal Macam dan Manfaat Paranet bagi Tanaman

4 September 2023   04:56 Diperbarui: 4 September 2023   20:06 1128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Memanfaatkan paranet dengan kerapatan 65 persen untuk merawat tanaman bunga di sekita rumah (dokpri)

Bagi petani atau yang hobi bertanam tentunya sudah tidak asing lagi dengan paranet. Benda ini adalah sejenis penutup atau jaring yang digunakan dalam pertanian atau kebun. Sering dinamakan juga sebagai shading net. 

Ada bermacam definisi tentang paranet. Salah satunya seperti disebutkan dalam laman https://paranet99.com. Paranet adalah semacam atap yang terbuat dari plastik berwarna. Kebanyak menggunakan plastik berwarna hitam. 

Umumnya paranet memiliki dua ukuran. Ada paranet atau shading net yang berukuran Lebar 2m X Panjang 100m. Ada juga paranet yang berukuran Lebar 3m X Panjang 100m. 

Paranet juga memiliki kerapatan tertentu. Pengalaman sering membeli paranet untuk tanaman bibit dan sayuran adalah yang memiliki kerapatan 65%. 

Artinya paranet tersebut dapat menghalangi sinar matahari hingga 65% atau dengan katan lain, cahaya matahari yang lolos adalah 35%.  Ada juga paranet yang memiliki kerapatan 45%, 50%, 55%, 75% hingga 90%.

Meskipun yang sering dijumpai dan dipakai adalah paranet warna hitam, sebenarnya ada lagi jenis yang lain. Berikut ini 7  macam paranet yang digunakan.

Paranet hitam

Paranet hitam digunakan untuk mengurangi intensitas cahaya matahari dan melindungi tanaman dari sinar UV berlebihan. Biasanya digunakan pada tanaman yang membutuhkan naungan lebih banyak seperti tanaman sayuran atau bunga yang sensitif terhadap sinar matahari langsung.

Paranet hijau

Paranet hijau menawarkan perlindungan naungan yang sama seperti paranet hitam. Tetapi juga memberikan sedikit transmisi cahaya lebih tinggi. Ini membantu dalam fotosintesis tanaman dan memastikan tanaman tetap sehat secara optimal.

Contoh paranet hijau yang dapat dibeli di toko pertanian terdekat atau via online (dok foto: bukalapak.com)
Contoh paranet hijau yang dapat dibeli di toko pertanian terdekat atau via online (dok foto: bukalapak.com)

Paranet putih

Paranet putih digunakan untuk mengatur suhu dan mengurangi intensitas sinar matahari. Reflective properties dari paranet putih membantu mencerminkan cahaya matahari dan menjaga suhu tetap rendah. 

Paranet putih terutama digunakan pada tanaman yang membutuhkan lingkungan yang lebih dingin. Tanaman tropis di daerah dengan iklim panas sangat cocok untuk memakai paranet putih ini.

Paranet silver

Paranet silver memiliki sifat reflektif yang tinggi. Jenis paranet yang satu ini berfungsi untuk  menghalangi panas dan sinar matahari secara efektif. 

Paranet silver sering digunakan dalam kasus-kasus dimana tanaman membutuhkan perlindungan ekstra terhadap panas yang berlebihan atau radiasi UV.

Paranet bayam

Paranet bayam dirancang khusus untuk pertumbuhan bayam dan tanaman dengan daun lebar lainnya. Paranet ini  memiliki ukuran mesh yang lebih kecil untuk mencegah serangan hama dan memaksimalkan pertumbuhan tanaman.

Paranet rumah kaca

Paranet rumah kaca digunakan di dalam rumah kaca untuk mengontrol cahaya dan suhu. Paranet ini  membantu mengurangi kelebihan panas dan meningkatkan ventilasi yang penting untuk pertumbuhan tanaman dalam lingkungan tertutup.

Rumah kaca minimalis, atapnya dari paranet khusus untuk rumah kaca (dok foto: multi.kalopitop.com)
Rumah kaca minimalis, atapnya dari paranet khusus untuk rumah kaca (dok foto: multi.kalopitop.com)

Paranet anti-hama

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun