Mohon tunggu...
Gregorius Nafanu
Gregorius Nafanu Mohon Tunggu... Petani - Pegiat ComDev, Petani, Peternak Level Kampung

Dari petani, kembali menjadi petani. Hampir separuh hidupku, kuhabiskan dalam kegiatan Community Development: bertani dan beternak, plus kegiatan peningkatan kapasitas hidup komunitas lainnya. Hidup bersama komunitas akar rumput itu sangat menyenangkan bagiku.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Trik Menghadapi Sosok Atasan Alpha Female di Kantor

9 Maret 2023   15:00 Diperbarui: 15 Maret 2023   11:35 634
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi bos alpha female (Sumber: shutterstock

 

Memiliki atasan langsung seorang alpha female, tentu saja membutuhkan trik khusus pula. Biar dapat mengimbangi karakter kuat si perempuan alfa ini. Bawahan yang bisa mengimbangi, bakal dijadikan sebagai partner kerja yang menyenangkan. 

Atasan langsung kita di kantor itu perempuan? Tak ada masalah. Banyak perempuan yang sukses menjadi pemimpin. Mulai dari tingkat yang paling rendah hingga level pemimpin negara. Mereka berhasil mencapai jenjang ini atas usaha cerdas mereka. Perlu diapresiasi. 

Atasan langsung kita yang perempuan itu termasuk sosok alpha female? Tak ada masalah juga. 

Memang ada hal yang rada menjengkelkan. Namun ada pula sisi manfaatnya. Plus dan minus selalu ada. Intinya, perlu intrik dari bawahan untuk mampu bekerja di bawah pimpinan si alpha female ini.

Dalam sejarah perjalanan pekerjaan saya, dua kali saya mendapatkan atasan langsung seorang perempuan. Kedua line manager saya ini menampakkan sosok seorang alpha female yang paling dominan

Mandiri, pekerja tangguh, disiplin, ambisius dan memiliki kemauan yang kuat, jika tidak mau dibilang keras kepala.

Sekalipun kedua atasan itu sama-sama menampakkan sosok seorang perempuan alfa, pada dasarnya ada perbedaan karakter. Ya, tentu saja. Sebab setiap orang adalah pribadi yang unik, tak ada duanya.

Kelebihan Seorang Atasan Perempuan Alfa

Dari pengalaman sebagai bawahan dua perempuan alfa di kantor, ada beberapa hal yang menurut saya menggambarkan kelebihan mereka. Karakter ini jarang dimiliki oleh mereka yang tidak tergolong ke dalamnya.

Pertama, memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi ketika melakukan sesuatu. Segala sesuatu, dipersiapkan dengan baik. Ketika menyampaikan gagasan, selalu disertai dengan alasan yang jelas pula sehingga pendapat-pendapatnya diterima oleh lawan bicaranya. 

Kedua, memiliki tingkat kemandirian yang tinggi. Perempuan alfa, seringkali mengerjakan apa yang drencanakan secara mandiri. Tidak tergantung pada orang lain. Segala yang dapat dipersiapkan sendiri, akan dilakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun