Mohon tunggu...
Gregorius Nafanu
Gregorius Nafanu Mohon Tunggu... Petani - senang mempelajari hal-hal baru. https://www.facebook.com/greg.nafanu; https://www.instagram.com/gregoriusnafanu; https://www.linkedin.com/in/gregorius-nafanu; https://twitter.com/LuanOenunu

Dari petani, kembali menjadi petani. Hampir separuh hidupku, kuhabiskan dalam kegiatan Community Development: bertani dan beternak, plus kegiatan peningkatan kapasitas hidup komunitas lainnya. Hidup bersama komunitas akar rumput itu sangat menyenangkan bagiku.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Bertanam Padi Hias Indoor yang Menawan

1 Desember 2022   06:44 Diperbarui: 1 Desember 2022   06:50 315
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tanaman padi hias dapat diletakkan di atas meja yang berada di ruang tamu atau ruang tunggu (dok foto: pribadi)

Tanaman hias, tak selamanya berupa tanaman yang beraneka bunga. Kita dapat menikmati daun, batang dan akar. Dan yang pasti cara kita menatanya sehingga terlihat indah. Apabila menggunakan pot, maka wadah ini juga harus disesuaikan dengan tanaman kita agar penampilan tanaman hias dan wadah membentuk keharmonisan.

Salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai tanaman hias, adalah padi. Semua orang nampaknya sudah tidak asing lagi dengan kata padi, walaupun barang kali ada yang belum melihatnya secara langsung. Dari biji padi inilah, akan dihasilkan beras yang ditanak menjadi nasi.

Hotel, cafe dan restoran dapat memilih padi menjadi tanaman hias tematik indoor. Apalagi restoran yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok dalam daftar menunya. Dapat menarik pengunjung untuk berimajinasi, bagaimana nasi yang dimakan itu diproses. Ditanam oleh petani di sawah, dirawat hingga muncul bulir-bulir padi bernas. Dipanen, lalu dolah menjadi beras. Didistribusikan ke ke konsumen oleh para distributor dan pedagang. 

Ruangan tamu dapat ditambah hiasan dari anyaman plus bulir-bulir padi untuk menambah keindahan nan alami (dok foto: pribadi)
Ruangan tamu dapat ditambah hiasan dari anyaman plus bulir-bulir padi untuk menambah keindahan nan alami (dok foto: pribadi)

Kantor-kantor yang biasa memanfaatkan tanaman hias untuk estetika juga dapat menjadikan padi sebagai salah satu tanaman indoor-nya. Menggantikan vas bunga di atas meja kerja dengan tanaman padi. Atau menempatkannya di sudut ruangan dan pantry. Serasa berkebun di atas meja.

Di rumah, kita dapat menempatkan pot padi di atas meja tamu. Sekalian menatanya di dalam nampah dari kerajinan batang padi. Beberapa tangkai padi, dapat pula diisi di dalam anyaman bakul dan dipasang di dinding sebagai hiasan.

Teknik Bertanam dan Merawat Padi Hias

Bertanam tak membutuhkan keahlian khusus. Yang paling penting dan utama adalah niat. Ketika sudah ada niat yang kuat maka akan memikirkan dan merealisasikannya.

Untuk mendapatkan tanaman padi hias yang indah dan menarik, maka kita perlu menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu.

Pertama, perlu memikirkan dan menetapkan wadah seperti apa yang akan digunakan untuk bertanam padi hias ini. Ada berbagai pilihan berupa pot cantik, mangkuk indah, atau menggunakan piring bekas es krim, puding dan potongan botol air mineral. Silakan berimajinasi lebih jauh lagi. Mencari wadah yang cocok untuk menempatkan padi hias kita. 

Pilihan pot yang cantik dan serasi dengan ruangan (dok foto pribadi)
Pilihan pot yang cantik dan serasi dengan ruangan (dok foto pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun