Mohon tunggu...
Gregorius Nafanu
Gregorius Nafanu Mohon Tunggu... Petani - senang mempelajari hal-hal baru

Hidup mengalir seperti air. Bergerak dari hulu ke muara lalu masuk samudera nan luas!

Selanjutnya

Tutup

Nature Artikel Utama

Pohon Kenari dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Kita

20 September 2022   08:36 Diperbarui: 21 September 2022   20:33 611 36 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Buah kenari yang telah dikupas dari cangkangnya yang keras | Dokumentasi pribadi

Buah kenari alias Canarium sp. dapat dimakan, kayunya dijadikan papan. Berurusan juga dengan bidang kosmetik dan kesehatan manusia. Dan karena pohonnya besar dan tinggi, maka cocok menjadi peneduh dan pencegah erosi.

Pohon kenari sudah lama dikenal di Indonesia. Buahnya enak, kayunya dijadikan papan berkelas. Bahkan di Indonesia bagian tengah dan Indonesia bagian timur, kenari diabadikan dalam beberapa lagu.

Di Maluku, misalnya. Pohon kenari diabadikan dalam lagu berjudul 'Waktu Hujan Sore-sore'.  Sering dinyanyikan, tak hanya di Maluku tetapi sudah dinyanyikan oleh seluruh bangsa Indonesia sebagai salah satu lagu daerah, kekayaan bangsa dan negara Indonesia.

Waktu hujan sore-sore, Kilat sambar pohon KENARIE jojaro deng mongare, Mari dansa dan menari. Pukul tifa toto buang, kata balimbing di kareta. Nona dansa dengan tuan, jangan singgung nama beta.

Di Maluku dan NTT (khususnya di Pulau Alor), pohon kenari tumbuh di hutan. Bahkan mendominasi lokasi tertentu sehingga daerahnya disebut sebagai hutan kenari. Karena tumbuh bebas di hutan, maka pulau Alor sendiri dijuluki sebagai nusa kenari.

Sementara di NTT juga memiliki lagu yang pernah diviralkan oleh penyanyi lokal Bobby Tunya berjudul 'Bae Sonde Bae'. Dalam bahasa Indonesia, Baik tidak baik.  Lagu tersebut mengisahkan tentang kelebihan dan keindahan alam dan budaya NTT. Salah satu baris syairnya tentang buah kenari.

Di Sumba sana ada kuda sandel wood, di Flores sana ada si komodoensis. Di Alor sana ada buah KENARI, di Timor sini ada wangi cendana. ..... Setiap hari beta makan jagung bose, beta haus beta minum gula aer. Di Larantuka torang makan jagung titi, enak lagi makan buah KENARI...

Pohon kenari. Kayunya kuat, pohonnya besar dan tinggi. Buahnya bisa dimakan | Dokumentasi pribadi
Pohon kenari. Kayunya kuat, pohonnya besar dan tinggi. Buahnya bisa dimakan | Dokumentasi pribadi

Tanaman bergenus Canarium ini ternyata memiliki tingkat penyebaran yang cukup luas.  

Litbang Banten dalam banten.litbang.pertanian.go.id menyebutkan, sebaran kenari hingga Afrika, Nigeria Selatan, Madagaskar, Cina Selatan, India. Filipina, hingga bagian selatan Asia.

Di Indonesia sendiri, selain di Maluku dan Nusa Tenggara, pohon kenari juga tumbuh di Sulawesi Utara dan beberapa daerah lainnya. 

Jenis kenari yang tumbuh di daerah ini, adalah Canarium ambonensis dan Canarium indicum yang buahnya dapat dimakan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan