Mohon tunggu...
Gregorius Nafanu
Gregorius Nafanu Mohon Tunggu... Buruh - senang mempelajari hal-hal baru

Hidup mengalir seperti air. Bergerak dari hulu ke muara lalu masuk samudera nan luas!

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Artikel Utama

Pantai Tablolong: Destinasi Wisata Pantai Kupang Barat yang Butuh 'Sentuhan'

14 Mei 2022   16:55 Diperbarui: 15 Mei 2022   20:22 293 24 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pantai Tablolong, Kupang Barat. Dok pribadi

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang selalu menjadi daya tarik tersendiri.  Hampir semua daerah pantai yang terbuka untuk wisata, tak pernah sepi pengunjung. Ada yang datang sendirian, berduaan, dalam kelompok kecil atau datang secara rombongan besar.

Tujuan mereka ke sana tidak lain adalah untuk menikmati keindahan laut dan pantainya. Bermain di pasir, berenang hingga batas tertentu, memancing, berselancar,  diving, atau naik perahu dan kapal motor di sekeliling.

Bahkan ada yang sekedar datang untuk memandang keindahan laut, sambil membiarkan dirinya dibuai oleh sepoinya angin pantai yang khas sambil menikmati air kelapa muda di tempat-tempat duduk pilihan.

Akses Wisata Pantai di Pinggir Kota Semakin Terbatas

Harus diakui, pantai terbuka di sekitar kota sudah hampir tidak ada lagi. Termasuk di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Padahal, sejatinya kota Kupang adalah kota pantai. Sebagian besar perkotaannya berada pada jalur pantai. Mulai dari Tenau, Namosain, Pasir panjang, Kelapa Lima, Oesapa hingga ke Lasiana dan Pantai Manikin.

Suasana wisata di pantai Tablolong. Dok pribadi
Suasana wisata di pantai Tablolong. Dok pribadi

Sayangnya, pantai terbuka tersebut kini telah terhalang oleh hotel-hotel besar seperti Asthon, Swiss Bellin, On the Rock dan Sotis. Areal pantai sepanjang Pasir Panjang dan Kelapa Lima yang biasanya ramai dikunjungi warga di pagi atau sore hari . 

Biasanya warga kota bermain bersama keluarga, teman atau mencari kulit kerang. Namun kini mulai sulit diakses. Sebab, areal hotel menjorok masuk hingga ke fasilitas publik tersebut.

Tablolong: Pilihan Destinasi Wisata Bahari di Kupang

Tablolong, adalah salah satu areal pantai yang menjadi destinasi wisata bahari. Letaknya berada di kampung Tablolong, di sebelah barat Kota Kupang. Lebih kurang berjarak 30 km dari pusat kota Kupang. Perjalanan ke sana memakan waktu sekitar satu jam atau lebih. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan