Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Cara Membuat Abstrak Karya Ilmiah yang Benar Sesuai Kaidah Penulisan

8 Juni 2023   09:40 Diperbarui: 8 Juni 2023   09:53 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Startup Stock Photo on Pexels

Apakah kamu masih bingung bagaimana cara membuat abstrak? Yap, kamu mungkin masih kesulitan buat abstrak di karya ilmiah karena terlalu singkat. Simak cara membuat abstrak yang bagus dalam karya ilmiah berikut ini:

Cara Membuat Abstrak

Abstrak adalah ringkasan singkat dari suatu tulisan atau penelitian yang berisi gambaran umum tentang topik, tujuan, metodologi, temuan, dan kesimpulan utama dari karya tersebut.

Abstrak biasanya menjadi bagian penting dari karya ilmiah, seperti artikel jurnal, tesis, atau disertasi, dan berfungsi untuk memberikan gambaran singkat kepada pembaca tentang isi dan nilai penting karya tersebut tanpa harus membaca keseluruhan tulisan.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat abstrak sesuai kaidah karya ilmiah:

1. Identifikasi Tujuan

Tentukan tujuan dari abstrak yang akan kamu buat. Apakah kamu ingin memberikan gambaran umum tentang topik, menyoroti metodologi penelitian, atau menekankan temuan utama?

2. Baca Keseluruhan Karya

Sebelum membuat abstrak, baca dengan seksama keseluruhan tulisan atau penelitian yang akan diabstraksi. Pastikan kamu memahami topik, metodologi, temuan, dan kesimpulan yang disajikan.

3. Tentukan Panjang Abstrak

Abstrak biasanya memiliki batasan panjang tertentu, seperti 150-250 kata. Periksa pedoman atau aturan yang berlaku untuk abstrak yang kamu buat.

4. Tulis Pernyataan Masalah atau Tujuan Penelitian

Mulailah abstrak dengan merumuskan pernyataan masalah atau tujuan penelitian yang menjadi fokus utama tulisan. Jelaskan mengapa topik yang kamu pilih itu penting dan relevan.

5. Jelaskan Metodologi

Berikan gambaran singkat tentang metode yang digunakan dalam penelitian. Sertakan pendekatan atau teknik yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data.

6. Soroti Temuan Utama

Identifikasi temuan utama dari penelitian atau tulisan tersebut. Jelaskan hasil yang paling signifikan atau relevan dengan jelas dan ringkas.

7. Sajikan Kesimpulan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun