Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Fakta dan Mitos tentang Hindu sebagai Salah Satu Agama Terbesar di Dunia!

11 Februari 2023   13:00 Diperbarui: 11 Februari 2023   13:01 332
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat ini, kita mengenal ada banyak sekali agama yang dianut oleh masing-masing orang di berbagai penjuru dunia, salah satunya agama Hindu. Tahukah kamu kalau Hindu menjadi salah satu agama terbesar di dunia?

Secara umum, banyak ahli yang menyebutkan bahwa agama Hindu adalah agama yang tertua di dunia, selain sebagai agama terbesar di dunia.Β 

Pernyataan tersebut serupa juga dengan keterangan yang tercantum pada buku Atlas Dunia Zaman Kuno, di mana agama Hindu adalah sebuah agama tertua di dunia yang sudah terbentuk sekitar 5000 tahun sebelum masehi.

Beberapa orang berpendapat bahwa Hinduisme adalah sebuah cara hidup dari pada agama. Berikut ini adalah beberapa hal tentang Hindu yang perlu kamu ketahui.

Fakta dan Mitos Tentang Hindu Sebagai Agama Terbesar Di Dunia

Sumber: pixabay
Sumber: pixabay

1. Penyembah 330 juta dewa

Faktanya adalah disebutkan bahwa hanya ada satu Tuhan Yang Maha Esa, yang sepenuhnya tidak diketahui atau dipahami. Para umat Hindu didorong untuk bisa terhubung dengan Tuhan melalui jalan yang paling sesuai dengan mereka.

Dewa yang mereka sembah dipercaya sebagai sebuah manifestasi dari Tuhan itu sendiri. Trimurti atau 3 dewa utama dalam agama terbesar di dunia ini yang paling dikenal secara umum adalah Brahma, Sang Pencipta, lalu Wisnu adalah sang Pemelihara, dan Siwa adalah sang Perusak.Β 

Maka dari itu, agama Hindu sebagai agama terbesar di dunia ini sering kali dianggap sebagai politeistik.

2. Umat Hindu merupakan penyembah berhala

Fakta yang terdapat dari agama Hindu sebagai agama terbesar di dunia adalah dikatakan bahwa umat Hindu menyembah sebagai pengingat akan Tuhan.

Tidak ada Hindu yang mengatakan bahwa mereka adalah penyembah berhala. Mereka sangat percaya bahwa representasi dari fisik Tuhan, yang diembahnya, bisa membantu mereka untuk fokus dalam beribadah atau melakukan meditasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun