Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

7 Fakta Menarik Tentang Islam sebagai Agama Terbesar di Dunia!

11 Februari 2023   11:55 Diperbarui: 11 Februari 2023   11:51 704
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Islam adalah agama yang didirikan sejak lebih dari 1400 tahun yang lalu oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa dekade terakhir ini, ditemukan bahwa agama Islam menjadi salah satu agama yang dapat ditemukan di setiap sudut dunia.

Islam menjadi agama terbesar di dunia kedua setelah Kristen, dengan jumlah penganut sekitar 1,8 miliar muslim yang terbesar di seluruh dunia. Berikut ini adalah fakta-fakta yang menarik tentang Islam sebagai agama terbesar di dunia. Simak ulasannya berikut ini.

Fakta Menarik Tentang Islam

Sumber: pixabay
Sumber: pixabay

1. Agama Islam menjadi salah satu agama tertua

Selain menjadi agama terbesar di dunia, Islam juga menjadi agama tertua di dunia. Fakta menyatakan bahwa agama Islam dimulai di Arab Saudi sekitar 600 M yang dimulai oleh Nabi Muhammad SAW di kota Suci Mekah. Di sinilah Nabi Muhammad mengetahui tentang Allah SWT dan mulai untuk berkhotbah.

Pada awalnya, Nabi Muhammad SAW tidak bisa menarik banyak pengikut di Mekah dan melakukan perjalanan ke Madinah. Di Madinah, agama Islam diterima dengan lebih baik.

2. Islam memiliki arti damai

Arti dari kata Islam sendiri dalam bahasa Arab adalah perdamaian, penyerahan, dan keamanan. Seseorang yang mempraktekkan atau beragama Islam disebut dengan seorang Muslim.Β 

Di mana artinya adalah orang yang secara damai berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Muslim sendiri tidak mengacu pada suatu ras tertentu, tetapi untuk seluruh pengikut agama Islam.

3. Terdapat lima amalan dalam rukun Islam

Untuk menjadi seorang muslim yang taat, setiap muslim harus menjalankan kelima rukun Islam yang harus dipraktikkan dengan sebuah usaha yang konsisten.

Mereka termasuk pernyataan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan meyakini bahwa Nabi Muhammad SAW adalah seorang Nabi, melaksanakan sholat lima waktu, berpuasa, memberikan 2,5% dari kelebihan kekayaannya kepada yang lebih membutuhkan di setiap tahunnya, Β sertabagi yang mampu menjalankan ibadah haji setidaknya sekali dalam seumur hidup.

4. Terdapat enam rukun iman dalam Islam

Keyakinan dasar iman dalam salah satu agama terbesar di dunia ini adalah setiap umat muslim harus percaya bahwa hanya ada satu Tuhan, yaitu Allah SWT dan semua Nabi adalah utusan Allah SWT.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun