Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

7 Jenis Cerita Dongeng Beserta Contohnya yang Perlu Kamu Ketahui!

9 Februari 2023   10:40 Diperbarui: 9 Februari 2023   10:36 385
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apakah kamu termasuk yang dulunya sering dibiasakan untuk mendengarkan cerita dongeng? Cerita dongeng sebelum tidur memang selalu menjadi kegemaran anak-anak.Β 

Cerita dongeng sendiri merupakan sebuah karya sastra yang bercerita melalui suatu hal kejadian yang luar biasa, dan penuh akan khayalan atau fiksi.

Masyarakat percaya bahwa cerita dongeng yang ada sebetulnya tidak benar-benar terjadi. Cerita dongeng memang tidak diketahui secara pasti kapan diturunkan, karena cerita dongeng sudah ada sejak zaman nenek moyang terdahulu.

Di dalam cerita dongeng terdapat berbagai unsur penting di dalamnya, seperti tema, alur, tokoh, latar, sudut pandang, sampai moral.Β 

Selain itu, terdapat juga berbagai macam jenis cerita dongeng yang sering kita dengar. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

Jenis-Jenis Cerita Dongeng

Sumber: pixabay
Sumber: pixabay

1. Cerita Dongeng Legenda

Jenis cerita dongeng yang pertama adalah legenda. Legenda merupakan cerita mengenai asal usul dari terbentuknya suatu tempat, misalnya asal-usul terjadinya Gunung Tangkuban Perahu.

Biasanya, rakyat yang ada di daerah tersebut akan menganggap bahwa cerita dongeng legenda itu benar-benar terjadi secara nyata. Jadi, cerita legenda itu akan diturunkan secara turun temurun.

2. Cerita Dongeng Fabel

Cerita dongeng fabel adalah cerita mengenai kehidupan binatang yang memiliki kehidupan seperti layaknya manusia, sehingga seperti kejadian nyata. Bahkan, dalam cerita dongeng fabel terdapat konflik antara hewan yang menjadi tokoh utamanya.

Jenis cerita dongeng fabel ini menjadi yang paling digemari anak-anak. Alasannya karena menampilkan binatang sebagai tokoh utamanya, sehingga membuat anak-anak tertarik. Contoh cerita dongeng jenis ini adalah Kancil dan Buaya, serta Semut dan Belalang.

3. Cerita Dongeng Parabel

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun