Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

8 Jenis Metodologi Penelitian yang Harus Kamu Ketahui!

27 Januari 2023   09:44 Diperbarui: 27 Januari 2023   10:03 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ternyata, ada banyak sekali jenis metodologi penelitian yang bisa kamu gunakan untuk penelitian. Sebelum mengenal banyaknya jenis metodologi penelitian, kamu juga perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian dari metodologi penelitian.

Metodologi penelitian berasal dari dua kata, yaitu metodologi dan penelitian. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), metodologi adalah sebuah ilmu tentang metode; uraian tentang metode. Sedangkan arti penelitian adalah kegiatan pengumpulan, analisis, pengolahan, serta penyajian data.

Secara umum, metodologi penelitian adalah Teknik untuk mendapatkan informasi dan sumber data yang akan digunakan dalam penelitian. Metodologi penelitian terdiri dari beberapa jenis dengan penggunaan yang berbeda-beda. Untuk mengetahui apa saja jenis metodologi penelitian yang ada, simak informasi berikut ini.

Jenis-Jenis Metodologi Penelitian

Sumber: pixabay
Sumber: pixabay

1. Metode Kualitatif

Metode kualitatif adalah jenis metodologi penelitian yang sering digunakan oleh peneliti. Di mana dalam penerapannya menggunakan data yang berasal dari hasil riset yang kemudian dianalisis.

Dalam metode penelitian ini, riset bisa berasal dari wawancara, pengisian kuesioner, serta poling. Maka dari itu, metode penelitian kualitatif ini berasal dari sudut pandang partisipan.

2. Metode Kuantitatif

Metode kuantitatif juga menjadi metodologi penelitian yang banyak digunakan. Metode ini sumber datanya berasal dari sampel yang sifatnya matematis. Oleh sebab itu, metode kuantitatif ini selalu identik dengan hitung menghitung serta pasti berkaitan dengan angka.

3. Metode Deskriptif

Metodologi penelitian yang satu ini adalah metode penelitian yang berkaitan dengan menulis, terutama dalam membuat suatu deskripsi. Dengan kata lain, metode ini adalah suatu metode yang bentuknya berupa kalimat deskriptif.

Metode penelitian ini bisa menjadi metode penelitian yang paling menyenangkan untuk mereka yang mempunyai kemampuan menulis. Tentunya, yang ditulis berdasarkan pada hasil riset yang sesuai dengan hasil penelitian yang sudah dilakukan.

4. Metode Eksperimental

Metode eksperimental adalah salah satu jenis metodologi penelitian yang berasal dari suatu Tindakan eksperimen. Meski begitu, penggunaan metode ini juga harus dilakukan observasi terlebih dahulu. Biasanya, metode penelitian ini digunakan untuk mencari sebuah sebab akibat dari suatu perilaku dari data yang diobservasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun