Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Struktur Proposal Penelitian dan Bagiannya yang Baik dan Benar!

12 Januari 2023   11:55 Diperbarui: 12 Januari 2023   12:22 435
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proposal penelitian biasanya digunakan untuk keperluan skripsi, tesis, maupun disertasi. Sebelum kamu melakukan penelitian, maka langkah awal yang dibuat oleh peneliti adalah menulis proposal penelitian.Β 

Proposal penelitian disusun untuk membuat sebuah gambaran penelitian, sehingga peneliti mampu mengetahui alur dari penelitian yang akan dilakukannya.

Sama seperti halnya seorang arsitektur yang membuat desain bangunan yang akan mereka bangun, begitu juga dengan seorang peneliti yang membuat desain penelitian, sehingga penelitiannya bisa berjalan dengan lancar.

Maka dari itu, proposal penelitian perlu dibuat dengan baik dan benar sesuai dengan struktur penelitian yang sudah ada. Dengan begitu, proposal penelitian yang kamu buat akan mendapatkan hasil yang baik.Β 

Untuk kamu yang masih bingung mengenai struktur proposal penelitian, berikut ini ringkasan tentang struktur proposal penelitian yang baik dan benar.

Struktur Proposal Penelitian

Sumber: istock
Sumber: istock

Struktur proposal penelitian biasanya memiliki tiga bagian, yaitu bagian awal, bagian utama, dan bagian akhir. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ketiga bagian dalam struktur proposal penelitian.

1. Bagian awal

Bagian awal dari struktur pada proposal penelitian terdiri atas halaman sampul depan, halaman, judul, serta halaman persetujuan dari promotor jika ada, lalu halaman pengesahan, serta daftar isi.

a. Halaman sampul depan memuat judul penelitian, maksud dari penelitian, logo atau lambang, nama peneliti dan nomor induk, kemudian instansi yang bersangkutan, dan juga tahun.

Judul penelitian perlu ditulis dengan jelas, singkat, dan juga langsung kepada pokok permasalahan dan jangan menimbulkan penafsiran ganda. Biasanya, judul menunjukkan juga tujuan dari proposal penelitian tersebut dibuat. Setelah memuat judul, dicantumkan juga logo atau lambang.Β 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun