Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

12 Kesalahan dalam Bisnis yang Harus Dihindari Pemula dalam Berbisnis!

28 Desember 2022   09:55 Diperbarui: 28 Desember 2022   09:56 529
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by lukasbieri on pixabay

Apakah kamu tertarik menjadi seorang pengusaha? Tepas sekali, jadi seorang pengusaha tentu menjanjikan meskipun juga dibarengi dengan resiko. Bahkan, usaha modal kecil sekalipun perlu direncanakan dengan baik.

Hal ini untuk menghindarkan kamu dari kesalahan dalam bisnis yang mungkin berdampak fatal. Apalagi kamu yang masih pemula perlu banyak belajar berbisnis dan mengelola apa saja kesalahan dalam berbisnis tersebut. 

Kesalahan dalam Bisnis

Hal terpenting dalam menjalankan bisnis adalah tidak mengulangi kesalahan yang sama yang dapat merusak bisnis, bahkan akan sulit diperbaiki dan bangkit. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali kesalahan dalam bisnis yang sering dilakukan pemula yang belum berpengalaman, seperti berikut ini:

1. Terlalu Banyak Masukan Bisnis

Meskipun bagus untuk mendapatkan masukan atau saran dari pakar bisnis, terlalu banyak juga tidak baik. 

Ini tidak terkecuali, maka cobalah untuk filter daftar bisnis yang spesifik untuk bisnis yang sama dengan kamu. Jadi, kamu juga tidak kehilangan waktu yang berharga. 

2. Memaksa untuk Berhasil dengan Cepat

Biasanya, dibutuhkan 15-20 tahun untuk mencapai kesuksesan. Jika kamu berharap menjadi kaya dalam semalam, maka mungkin berkecil hati lebih awal dan menyerah pada impian sebelum waktunya. 

Ketahuilah bahwa kesuksesan membutuhkan waktu, tekad, dan sedikit keberuntungan. Berikan waktu bisnis kamu untuk bisa terus berkembang. 

3. Mengabaikan Konsumen

Kamu mungkin pernah mendengar ungkapan di dunia bisnis bahwa konsumen adalah raja. Artinya, kamu harus mengutamakan konsumen dalam segala hal, termasuk produk yang Anda tawarkan. 

Dalam hal ini, sangat penting untuk memperkenalkan produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan. Jika tidak, produkmu tidak akan laku di pasaran. 

4. Kurangnya Hubungan Bisnis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun