Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

9 Rumah Adat Bali yang Penuh dengan Filosofi di Baliknya!

9 Desember 2022   13:15 Diperbarui: 9 Desember 2022   13:13 299
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rumah adat Bali sudah menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang harus diketahui oleh semua masyarakat Indonesia. Selain dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah, Β Bali juga memiliki rumah adat Bali yang tidak kalah cantik.

Arsitektur pada rumah adat Bali dipengaruhi oleh keberadaan manuskrip Hindu Bernama "Lontar Asta Kosala Kosali", yang berisikan tentang aturan-aturan dalam pembuatan rumah atau puri. Sampai aturan tempat pembuatan ibadah atau pura juga diatur di dalamnya.

Arsitektur Bali juga sangat dipengaruhi oleh tradisi Hindu, Bali, dan unsur Jawa kuno. Bahan yang biasa digunakan untuk rumah adat Bali dan bangunan Bali lainnya adalah Jerami, kayu kelapa, bambu, batu, kayu jati, dan batu bata.

Penasaran apa saja macam-macam rumah adat Bali yang indah dan eksotis? Simak ulasannya berikut ini.

Rumah Adat Bali

Sumber: pihome
Sumber: pihome

1. Bale Manten

Rumah adat Bali yang pertama adalah rumah Bale Manten. Rumah ini mempunyai bentuk bangunan persegi panjang dan biasanya dibangun di sebelah kiri atau sebelah timur

Biasanya, rumah Bale Manten ini khusus ditinggali oleh kepala keluarga beserta dengan anak perempuannya. Rumah ini dibagi menjadi dua ruangan, yaitu bale (ruangan) kanan dan bale kiri.

2. Bale Sekapat

Pada saat melihat desain pada rumah adat Bali yang ini, kesan istimewanya akan langsung terasa. Bale sekapat adalah rumah adat Bali yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk para anggota keluarga melakukan santai bersama.

Ciri khas dari rumah adat Bali ini ada pada bagian empat tiang yang menyangga sisi atap rumah yang berjumlah empat buah dan memiliki atap yang sangat megah.

3. Bale Dauh

Setiap rumah adat Bali pasti dilengkapi dengan Bale Dauh. Bale dauh merupakan sebuah ruang tamu dari rumah tradisional Bali. Di beberapa rumah, ruangan ini dikhususkan untuk menerima para tamu yang datang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun