Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku šŸ“š

šŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. šŸ¤—

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengenal Pengertian Penelitian Kualitatif hingga Tujuannya!

5 Desember 2022   10:30 Diperbarui: 5 Desember 2022   10:54 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penelitian kualitatif adalah sebuah tindakan yang berdasarkan pada mutu. Penelitian kualitatif menurut Kemendikbud adalah menekankan kepada sisi kualitas entitas.

Pada penelitian kualitatif menekankan pada sisi kualitas pada entitas yang diteliti. Penelitian kualitatif biasanya untuk memahami suatu fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek dari penelitian itu sendiri. Misalnya, memahami perilaku subjek penelitian, persepsi, tindakan, ataupun motivasi secara holistik dengan cara mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk kata-kata serta bahasa.

Proses penelitian pendekatan kualitatif dimulai dari pengembangan pada asumsi dasarnya. Lalu, dikaitkan dengan kaidah pemikiran yang digunakan dalam penelitian. Data yang sudah terkumpul dari survey kemudian diinterpretasikan oleh peneliti.

Objek dalam penelitian kualitatif meliputi seluruh aspek yang ada di dalam kehidupan manusia, yaitu manusia dan juga segala sesuatu yang dipengaruhi olehnya. Jadi, penelitian kualitatif ini tidak secepat riset dalam kuantitatif dalam analisis datanya.Ā 

Sebab, pada riset kualitatif, memerlukan proses sistematis yang lebih mendalam untuk bisa menghasilkan sesuatu hasil yang baik.

Misalnya, ada riset yang ingin menjawab kenapa masyarakat yang tinggal di lereng pegunungan tidak mau diungsikan saat gunung meletus. Jaka, pada riset kualitatif, akan menjawab semua persoalan tersebut secara mendalam, mulai dari mendalami makna gunung, bencana, sampai kehidupan, beserta aspek-aspek lainnya dari warga yang lebih memilih untuk tidak mau mengungsi.

Berdasarkan dari gambaran pengertian penelitian kualitatif di atas, maka berikut ini adalah pengertian penelitian kualitatif berdasarkan para ahli.

Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

Sumber: pixabay
Sumber: pixabay

1. Lexy J Moleong

Lexy J Moleong (2005:6) mengungkapkan bahwa metode penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami suatu fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Termasuk dengan menjelaskan persepsi, tingkah laku, motivasi, dan sebagainya dengan cara keseluruhan. Dari segi bahasa maupun dalam konteks alam tertentu, dengan menggunakan berbagai metode alam.

2. Sugiyono

Menurut Sugiyono, mengungkapkan bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang didasarkan pada filosofi post-positivis yang digunakan oleh para peneliti untuk mempelajari keadaan dari objek alam utamanya (bukan eksperimen).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun