Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

5 Alasan Mengapa Growth Mmindset Itu Penting dan Harus Dimiliki!

1 Desember 2022   11:45 Diperbarui: 1 Desember 2022   16:03 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Growth mindset kini sedang menjadi istilah yang fenomenal di kalangan milenial dan gen z. Grow mindset sendiri adalah suatu pola pikir di mana kamu ingin terus berkembang dari waktu ke waktu. Kamu ingin tumbuh menjadi seseorang yang akan terus mengasah kemampuan serta potensi diri untuk bisa menjadi lebih baik lagi.

Saat ini juga, belum banyak orang yang peduli dengan growth mindset serta cara mengembangkan growth mindset di dalam dirinya. Padahal, ini tidak boleh diabaikan begitu saja. Lantas, seberapa penting sebenarnya growth mindset itu?

Alasan Pentingnya Growth MindsetΒ 

Sumber: freepik
Sumber: freepik

1. Growth mindset mampu mendorongmu untuk terus tumbuh dan berkembang

Kamu pasti sering mendengar istilah hidup penuh dengan perubahan. Hal ini memang benar terjadi. Di setiap sisi dalam kehidupan pastinya akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Apalagi di era perkembangan teknologi digital seperti saat ini, di mana setiap orang bebas dalam melakukan inovasi dengan beragam kreativitasnya.

Dengan begitu, penting bagi kamu untuk bisa mengetahui cara mengembangkan growth mindset. Sebab, growth mindset akan mendorong kamu untuk terus bertumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini yang akan menjadikan kamu sosok yang bisa menyeimbangi diri di tengah perubahan yang sering terjadi.

2. Bisa tumbuh menjadi sosok yang tahan banting

Sebuah permasalahan pasti sering dijumpai dan dirasakan oleh semua orang, baik itu permasalahan yang kecil maupun yang besar. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa memecahkan permasalahan tersebut dengan baik. Tidak jarang orang memilih untuk menyerah dari masalah tersebut.

Meski begitu, kamu perlu untuk mengetahui cara mengembangkan growth mindset. Pasalnya, dengan memiliki growth mindset, hal ini tidak akan terjadi. Dengan mempunyai pola pikir growth mind, akan membuat kamu jadi tumbuh sebagai sosok yang tahan banting.

Bahkan bisa jadi, sebuah permasalahan besar yang tengah kamu alami ini tidak akan membuat kamu mundur, apalagi tumbang, jika kamu memiliki growth mindset.

3. Memotivasi kamu melakukan hal sebaik mungkin

Meskipun istilah growth mindset populer di kalangan gen z, tetapi nyatanya tetap banyak milenial dan gen z yang tidak peduli dengan hal tersebut. Alih-alih growth mindset, yang ada mereka justru menjadi sosok yang mudah menyerah dan gampang mengeluh.

Padahal penting bagi kita untuk memiliki growth mindset serta cara mengembangkan growth mindset. Karena, dengan memiliki growth mindset bisa membuat kamu termotivasi untuk bisa melakukan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin. Kamu akan terus belajar menjadi sosok yang lebih baik kedepannya.

4. Mampu menjadikanmu lebih kreatif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun