Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Berikut Ini 6 Prinsip dalam Seni Rupa Beserta dengan Penjelasannya!

24 November 2022   14:15 Diperbarui: 24 November 2022   14:19 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seni rupa merupakan salah satu jenis seni yang karyanya banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam proses suatu karya, terdapat sejumlah prinsip dalam seni rupa yang perlu untuk diterapkan.

Prinsip seni rupa menjadi kaidah yang perlu dilakukan dalam proses pembentukan suatu karya seni rupa yang indah. Lalu, apa saja prinsip seni rupa? Simak informasi penjelasannya berikut ini.

Definisi Unsur Seni Rupa Beserta Prinsipnya

Secara harfiah, seni adalah keahlian dalam membuat suatu karya bermutu yang bisa dilihat dari segi keindahan, kehalusan, dan lain sebagainya. Seni sendiri mempunyai sejumlah cabang, salah satunya adalah seni rupa. Seni rupa juga bisa diartikan sebagai seni pahat seperti seni Lukis dan juga seni patung.

Dalam membentuk suatu karya dalam seni rupa, dibutuhkan adanya unsur seni rupa beserta dengan prinsip-prinsip tertentu. Unsur seni rupa adalah elemen-elemen yang digunakan dalam proses pembuatan dari karya seni rupa itu sendiri.

Secara umum, unsur seni rupa yang mewujudkan sebuah karya seni rupa. Unsur seni rupa sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu unsur seni rupa fisik dan nonfisik. Unsur seni rupa fisik adalah bagian yang secara langsung bisa terlihat atau diraba dalam suatu karya seni rupa.

Contoh dari unsur seni rupa fisik antara lain, garis, raut atau bidang, bentuk, ruang, tekstur, warna, dan gelap terang.

Berbeda dengan unsur seni rupa fisik, unsur non fisik merupakan kaidah-kaidah umum yang biasanya digunakan untuk menempatkan unsur seni rupa fisik dalam suatu karya seni.

Kaidah atau aturan yang baku ini disebut dengan komposisi. Komposisi sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu composition yang memiliki arti menyusun atau menggabungkannya menjadi satu.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa prinsip pada seni rupa terdiri dari unsur seni rupa non fisik dalam karya seni rupa berupa kaidah atau suatu aturan yang baku, yang diyakini oleh para seniman secara konvensional bisa membentuk sebuah karya seni yang indah.

Jenis-jenis Prinsip Dalam Seni Rupa

Sumber: freepik
Sumber: freepik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun