Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Yuk, Ketahui 5 Keutamaan Membaca Doa Keluar Rumah!

15 November 2022   08:00 Diperbarui: 15 November 2022   08:18 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagi umat muslim, memanjatkan doa sebelum melakukan suatu aktivitas adalah hal yang lumrah. Segala aktivitas juga memiliki doanya masing-masing, sehingga doa yang dibaca untuk setiap aktivitas berbeda-beda.Β 

Mulai dari hendak tidur, bangun tidur, makan, minum, masuk ke dalam kamar mandi, memakai baju, mau makan, selesai makan, sampai doa keluar rumah. Memanjatkan doa pada setiap hendak melakukan aktivitas juga menjadi suatu kebiasaan untuk sebagian besar umat muslim.

Hal tersebut bertujuan supaya dalam setiap aktivitas yang dilakukan bisa menjadi sumber pahala dan juga mendapatkan keberkahan. Tanpa terkecuali pada saat membaca doa keluar rumah. Memanjatkan doa keluar rumah juga memiliki tujuan supaya senantiasa selalu berada di dalam lindungan Allah SWT pada saat berada di luar rumah.

Doa keluar rumah ini juga mempunyai keutamaan yang pastinya sangat bermanfaat apabila setiap muslim mengamalkannya dengan cara membacanya setiap akan bepergian keluar rumah. Β Lantas, apa saja keutamaan jika kita selalu membaca doa keluar rumah? Berikut ini ulasannya.

Keutamaan Doa Keluar Rumah

Sumber: sinergipapers.com
Sumber: sinergipapers.com

Di dalam Islam, seluruh umat muslim dianjurkan untuk selalu berdoa setiap saat. Jadi, berikut ini adalah beberapa keutamaan atau hikmah yang didapatkan jika membaca doa keluar rumah saat hendak bepergian.

1. Mendapatkan keberkahan

Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman dalam Surat An-Nur ayat 61 yang artinya sebagai berikut:

"Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik."

Selain ada di dalam Al-Quran, ada juga penjelasan tentang keberkahan doa masuk dan keluar rumah di dalam suatu hadis yang diriwayatkan oleh sahabat Anas bin Malik RA saat Rasulullah SAW berkata kepadanya:

"Wahai anakku, jika engkau memasuki rumah dan menemui keluargamu, ucapkanlah salam biar datang berkah kepadamu dan juga kepada keluargamu" (H.R. Tirmidzi).

2. Terhindar dari gangguan setan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun