Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Inilah Syarat, Proses, Serta Contoh Interaksi Antar Individu!

9 November 2022   09:35 Diperbarui: 9 November 2022   09:44 245
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam psikologi sosial, dikenal dengan interaksi sosial individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok. Ketiganya ini adalah jenis interaksi yang dibutuhkan oleh manusia sebagai bentuk dasar struktur sosial di masyarakat.

Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang sangat dinamis, yang berkaitan dengan hubungan antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, dan individu dengan kelompok.

Sebagai makhluk sosial, manusia pastinya akan selalu berusaha untuk melakukan interaksi dengan manusia yang lainnya. Sangat jarang atau bahkan tidak ada manusia yang mampu hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain. Maka dari itu, interaksi sosial menjadi hal yang sangat penting untuk dipahami dan dilakukan.

Interaksi sosial dapat terjadi di mana saja, termasuk juga di dalam lingkungan sekitar kita yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melakukan interaksi sosial, maka bisa dikatakan akan saling membantu orang lain untuk bisa bertahan hidup.

Syarat Terjadinya Interaksi Antar Individu

Menurut definisi dari interaksi sosial, terdapat beberapa syarat yang perlu untuk dipenuhi dalam proses sosial dalam masyarakat, sehingga bisa disebut dengan interaksi sosial. Syarat tersebut di antaranya dilakukan oleh minimal dua orang, yang melalui sebuah komunikasi untuk bisa mencapai tujuan bersama. Adapun penjelasan mengenai hal tersebut sebagai berikut:

1. Minimal dilakukan oleh dua orang

Hal ini perlu dilakukan karena tidak dapat dikatakan adanya interaksi apabila pelakunya hanya satu orang saja. Interaksi antar individu dengan individu ini minimal dilakukan oleh dua orang yang memiliki tujuan tertentu.

2. Terjalinnya komunikasi

Komunikasi menjadi sebuah proses sosial untuk bisa saling bertukar informasi, antara yang satu dengan yang lainnya.

3. Memiliki tujuanΒ 

Interaksi antar individu pada dasarnya dilatarbelakangi oleh keinginan dalam menggali informasi satu sama lainnya untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan oleh masing-masing pihak.

4. Melalui proses sistem tertentu

Interaksi antar individu dengan individu bisa terjadi melalui suatu pola sistem tertentu. Proses sosial tersebut bisa terjadi karena adanya ketidaksengajaan, pola yang direncanakan, dan juga pola yang diatur secara adat maupun hukum.

Ciri-ciri Interaksi Antar Individu

Terdapat beberapa ciri interaksi sosial. Ciri ini yang menandakan bahwa seseorang sudah melakukan interaksi sosial. Beberapa ciri-ciri dari interaksi sosial yang bisa kamu kenali adalah sebagai berikut:

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun