Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

5 Tips Meningkatkan Kebugaran Jasmani dan Memiliki Pola Hidup Sehat!

4 November 2022   08:30 Diperbarui: 4 November 2022   08:44 300
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Stocksnap on Pixabay

Kita membutuhkan tubuh yang sehat, bugar, dan segar untuk dapat beraktivitas dengan bebas setiap saat. Tubuh yang bugar melindungi kita dari risiko penyakit jantung, masalah tulang dan otot, serta mencegah obesitas.Β 

Lalu bagaimana cara meningkatkan kebugaran? Dalam praktiknya, pengertian kebugaran jasmani memang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Yakni kemampuan untuk melakukan suatu aktivitas dengan daya, daya tahan, dan kekuatan yang optimal.

Meningkatkan kebugaran jasmani yang optimal sebenarnya erat kaitannya dengan gaya hidup. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kebugaran fisik, kamu harus menerapkan gaya hidup sehat. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu.

Tips Meningkatkan Kebugaran Jasmani

Berikut ini tips meningkatkan kebugaran jasmani untuk hidup sehat:Β 

1. Rajin Berolahraga

Kebugaran dapat dicapai dengan rajin berolahraga minimal 30 menit sehari atau 5 hari seminggu. Berolahraga memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk kebugaran, tetapi juga untuk kesehatan fisik.Β 

Di bawah ini adalah berbagai jenis olahraga yang jadi tips meningkatkan kebugaran jasmani:

a. Latihan Aerobik

Latihan aerobik seperti jalan cepat, jogging, berenang atau bersepeda, dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Latihan ini memungkinkan jantung untuk memompa darah pada tingkat yang lebih cepat untuk jangka waktu yang lebih lama.

b. Latihan Anaerobik

Latihan aerobik dengan intensitas rendah dalam waktu lama akan cepat menjadi anaerobik. Latihan ini dapat mempengaruhi kebugaran karena membantu membangun kekuatan otot. Contoh latihan anaerobik termasuk lari cepat dan angkat besi.

c. Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Jenis olahraga ini membantu metabolisme tubuh bekerja lebih cepat dan membakar lebih banyak kalori dengan lebih efisien. Contoh olahraga yang bisa dilakukan adalah push-up, pull-up, dan angkat besi.

d. Latihan Peregangan

Latihan peregangan adalah salah satu latihan terpenting dalam program kebugaran. Peregangan 2-3 kali seminggu dapat membantu otot Anda rileks. Peregangan biasa digunakan dalam yoga dan pilates.

2. Makan Sehat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun