Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

7 Fungsi Verba dalam Kalimat Sesuai Kaidah Bahasa Indonesia yang Benar!

3 November 2022   20:25 Diperbarui: 3 November 2022   20:46 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seperti yang kita ketahui, kalimat dalam bahasa Indonesia memiliki struktur agar memiliki makna. Kamu mungkin sudah tidak asing dengan subjek, predikat, objek dan keterangan (SPOK).Β 

Dalam struktur itulah, kamu akan menemukan fungsi kata sifat, kata benda, atau fungsi verba dalam kalimat.Termasuk kata dasar dapat bermakna dalam struktur kalimat jika memiliki fungsi.Β 

Dalam penerapannya, verba atau kata kerja memiliki fungsi penting dalam kalimat. Seperti kata kerja mental yang memiliki fungsi utama dalam kalimat sebagai predikat atau inti dari predikat sebuah kalimat. Simak penjelasan fungsi verba dalam kalimat berikut ini:

Pengertian Verba

Verba atau kata kerja adalah salah satu elemen terpenting dalam konstruksi kalimat. Sebuah kalimat tidak lengkap tanpa kata kerja. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan betapa pentingnya peran verba.

Terutama dalam konstruksi atau pembentukan kalimat kohesi dan koheren. Kata kerja adalah kata yang menyatakan keadaan, tindakan, atau tindakan yang dapat berubah bentuk dalam kalimat menurut sistem konjungsi, dan berfungsi sebagai predikat.

Verba juga dapat diartikan sebagai aktivitas, atau verba yang berfungsi untuk mengesahkan atau memverifikasi suatu tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh seseorang. Dengan cara ini, kita dapat menyimpulkan bahwa verba adalah kata yang memiliki fungsi deskriptif.

Yakni menunjukkan tindakan seseorang atau subjek dalam kalimat. Menurut Kridalaksana (2005), kemungkinan kata-kata yang melekat pada kata kerja Β dimungkinkan untuk mengenali verba secara sintaksis dalam gramatikal dan sebaliknya.

Kata yang dapat dilampirkan padanya adalah partikel bukan atau padanannya. Itulah sebabnya, verba memiliki fungsi penting dalam kalimat.

Fungsi Verba dalam Kalimat

Berdasarkan pendapat Alwi, dkk (2010) menunjukkan bahwa karakteristik verba predikat verba dan frasa verba ditinjau dari fungsinya. Namun, kata kerja juga dapat melakukan fungsi lain, seperti subjek, objek, atau deskripsi, diperluas dalam bentuk objek, pelengkap, dan deskripsi.

1. Kata Kerja dan Frasa Verbal Sebagai Predikat

Kata kerja terutama berfungsi sebagai predikat atau sebagai kata kerja yang berfungsi sebagai inti dari predikat dalam kalimat. Misalnya, dalam contoh berikut, "Tugasnya adalah mengajar." Kata kerja mengajar memiliki fungsi predikat.

2. Kata Kerja dan Frasa Kata Kerja sebagai Subjek

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun