Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

7 Keutamaan dalam Menjalankan Ibadah Haji yang Perlu Kamu Pahami!

12 September 2022   17:10 Diperbarui: 12 September 2022   17:10 216 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rukun Islam yang kelima adalah menunaikan ibadah haji. Bagi umat Islam yang mampu, maka haji merupakan ibadah yang wajib untuk dijalankan. Mampu dalam hal ini adalah mempunyai kemampuan baik secara fisik, psikologis, dan finansial.

Pengertian haji merupakan mengunjungi tempat yang agung di waktu-waktu tertentu untuk melakukan amalan tertentu dengan niatan menjalankan ibadah.

Karena pengertian haji adalah rukun Islam, maka bagi umat Muslim yang mengingkari keberadaan ibadah haji, berarti ia menyangkal Islam.

Keutamaan dalam ibadah haji dalam Islam adalah mampu menghapus dosa, memberikan syafaat bagi 400 anggota keluarganya, meningkatkan derajat, terbukanya pintu ampunan dosa, jaminan kesehatan secara lahir dan batin, setya jaminan terbebas dari hisab.

Tak hanya itu, keutamaan dalam ibadah haji juga mampu memberikan surga bagi jamaah haji yang mabrur. Dengan begitu, umat muslim yang kuat secara finansial dan fisik, dianjurkan untuk memenuhi panggilan Allah ke Baitullah. Ini merupakan termasuk ke dalam salah satu amalan yang bisa meningkatkan keimanan seseorang serta ketakwaan kepada Allah SWT.

Keutamaan dalam Ibadah Haji

Sumber: tribune.com.pk
Sumber: tribune.com.pk

1. Menghapus segala dosa

Keutamaan ibadah haji yang pertama adalah mampu menghapus dosa. Menurut hadist, Allah akan menghapus dosa bagi setiap umat Muslim yang menunaikan ibadah haji.

Bahkan, bagi jamaah yang tidak melakukan perbuatan keji maupun berbuat dosa, akan pulang dengan kondisi yang sangat suci, layaknya seperti bayi yang baru dilahirkan.

2. Jaminan surga

Keutamaan dalam ibadah haji yang selanjutnya adalah mendapatkan jaminan surga bagi jamaah haji yang mabrur. Pada riwayat hadits riwayat Bukhari, dijelaskan di dalamnya bahwa orang yang telah menunaikan ibadah haji, dan ibadah hajinya mabrur, maka Allah akan menjanjikan kepadanya balasan surga untuknya.

Disebutkan pula kalau tidak ada balasan yang lebih baik daripada balasan surga untuk para jamaah haji yang mabrur.

3. Memberikan syafaat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan