Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Bagaimana Cara Kerja Administrasi? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

9 September 2022   11:05 Diperbarui: 9 September 2022   11:06 199 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: photodune.net

Bagi yang memiliki sebuah perusahaan atau sebuah lembaga yayasan, pasti sangat akrab dengan istilah dalam ilmu administrasi.

Administrasi tentunya sangatlah penting bagi perkembangan sebuah perusahaan atau organisasi. Pengertian administrasi adalah segala bentuk usaha serta aktivitas yang erat kaitannya dengan pengelolaan kebijaksanaan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dari perusahaan atau organisasi.

Jika diartikan dalam arti sempit, pengertian administrasi adalah kegiatan yang mencakup surat menyurat, catat mencatat, pembukuan, agenda, dan lain sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. Di mana semua aktivitas tersebut dilaksanakan oleh ahlinya, yang disebut dengan administrator atau staf administrasi.

Administrasi pada pola kerja perusahaan, bisa membantu dalam memudahkan pekerjaan, baik yang bersifat formal maupun yang non formal. Terutama dalam pengelolaan data, adanya administrasi ini mampu menjadikan pengelolaan tersebut jauh lebih mudah dan tepat.

Mungkin kamu selama ini secara tidak langsung atau secara tidak sadar sering melakukan pekerjaan administrasi, tetapi belum mengetahui bahwa pekerjaan tersebut adalah bagian dari administrasi.

Maka, artikel ini akan menjelaskan mengenai ciri-ciri administrasi serta cara kerja administrasi, agar kamu bisa memahaminya lebih lanjut. Simak penjelasannya berikut ini.

Ciri-ciri Administrasi

Berdasarkan Dasar-dasar Kewirausahaan (2019) karya Choms Gary Ganda Tua Sibarani, dkk. Berikut ini adalah ciri-ciri administrasi, yakni:

1. Terdiri dari sekelompok orang

Pertama, administrasi tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja. Administrasi memerlukan sekelompok orang untuk bisa saling bekerja sama. Makanya, ciri-ciri dari administrasi yang paling utama adalah terdiri dari sekelompok orang yang mempunyai tujuan yang sama.

2. Menjalin kerja sama

Administrasi perlu untuk dilaksanakan dengan bekerja sama dalam mewujudkan sebuah tujuan bersama. Maka, kerja sama menjadi ciri yang wajib ada, supaya sistem administrasi bisa berjalan secara optimal.

3. Mempunyai tujuan yang harus dicapai

Yang menjadi alasan adanya administrasi adalah usaha dalam mencapai sebuah tujuan tertentu. Maka dari itu, administrasi diperlukan untuk bisa membuat sekelompok orang bekerja sama dan selalu berusaha untuk menuju ke arah yang sama, yaitu sebuah tujuan bersama.

4. Adanya proses kegiatan usaha

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan