Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Mengenal Sistem Pendidikan Nasional yang Diterapkan di Indonesia!

8 September 2022   16:40 Diperbarui: 8 September 2022   20:48 371 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Bayu Syaits on Unsplash

Pendidikan merupakan bidang penting yang perlu diperhatikan oleh semua negara. Mengapa pengertian pendidikan demikian? Hal ini karena pendidikan dapat membangun keterampilan, membentuk karakter dan mencerdaskan manusia. 

Tanpa  sumber daya manusia yang unggul, stabilitas negara akan terganggu. Oleh karena itu, diperlukan sistem pendidikan  nasional untuk mewujudkan cita-cita bangsa.  

Apa yang dimaksud sistem pendidikan nasional? Apakah ada undang-undang yang mengatur hal ini? Apa fungsi, visi, misi dan apa saja komponen-komponen kuncinya, akan kamu temukan pada uraian di bawah ini.

Pengertian Sistem Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan nasional adalah upaya yang disengaja untuk menciptakan proses dan suasana belajar dimana siswa dapat secara aktif  mengembangkan potensinya. 

Sistem pendidikan mengharapkan peserta didik memiliki kecerdasan, karakter, disiplin diri, dan keterampilan yang berguna bagi dirinya, masyarakat, dan negara.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan nasional di Indonesia  diatur dengan undang-undang. Peraturan provinsi tersebut adalah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang disahkan oleh Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri. 

Di bawah undang-undang ini, pendidikan harus adil, demokratis dan tidak diskriminatif. Pendidikan harus menjunjung tinggi nilai budaya, nilai agama, nilai hak asasi manusia dan kemajemukan bangsa. 

Tidak hanya itu, sistem pendidikan untuk memberdayakan dan membudayakan masyarakat juga perlu memberi keteladanan, menumbuhkan kreativitas dan mengembangkan niat.

Fungsi Sistem Pendidikan Nasional

Berikut ini fungsi sistem pendidikan nasional bagi generasi bangsa Indonesia:

1. Mengembangkan Kemampuan dan Keterampilan 

Sistem pendidikan memiliki fungsi mengembangkan kompetensi diri. Seseorang yang memiliki kemampuan untuk menjadikan dirinya lebih baik dari orang lain. Kemampuan yang terlatih dengan baik dapat memotivasi orang untuk mencapai tujuan hidup mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan