Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku πŸ“š

πŸ“– Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. πŸ€—

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Mengenal Definisi Regulasi serta Fungsi dan Tujuannya!

31 Agustus 2022   13:10 Diperbarui: 31 Agustus 2022   13:09 236 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Regulasi adalah istilah yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita, meskipun mungkin hanya sebagian orang saja yang betul-betul memahami konsep dari regulasi. Regulasi sangatlah diperlukan dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Hal itu disebabkan karena regulasi dapat menghadirkan keamanan serta kenyamanan.

Pemahaman yang baik dari masing-masing individu nantinya akan menunjang kelancaran dalam pelaksanaan regulasi itu sendiri. Untuk mengetahui regulasi secara lengkap, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Regulasi

Regulasi selama ini sangat identik dengan peraturan. Padahal, kalau kita mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), regulasi adalah pengaturan. Keduanya menyandang makna yang berbeda.Β 

Peraturan adalah sebuah ketentuan yang sudah disepakati dan mempunyai konsekuensi kalau dilanggar, sedangkan pengaturan, lebih ke prosesnya, yaitu membuatnya menjadi teratur.

Regulasi yang secara umum bisa diartikan sebagai pengendalian yang berkelanjutan serta terarah, menjadi sebuah tolok ukur dalam keteraturan. Regulasi biasanya dilakukan oleh lembaga pemerintahan kepada masyarakat supaya bisa berperilaku sesuai standar, dengan tujuan meraih hasil tertentu.

Awalnya, ruang lingkup regulasi hanyalah seputar bidang ekonomi saja, tetapi seiring berjalannya waktu, regulasi ini juga merambah ke regulasi sosial.

Dalam Jurnal Konstitusi 18 (1), regulasi adalah peraturan perundang-undangan yang berada di bawah undang-undang. Regulasi juga dianggap sebagai sebuah alat dalam mencapai tujuan sosial sampai tujuan ekonomi.

Menurut Collins Dictionary, regulasi merupakan sebuah aturan yang dibuat oleh pemerintah atau otoritas lainnya untuk mengontrol cara sesuatu yang dilakukan atau cara individu dalam berperilaku.Β 

Regulasi merupakan aturan yang mengikat, baik itu dalam pemerintahan atau dalam bisnis. Regulasi juga dirancang berdasarkan pada proses-proses tertentu, yang mana masyarakat atau lembaga telah menyepakati untuk terikat dan ikut terhadap aturan yang sudah dibuat demi mencapai tujuan bersama.Β 

Pengertian Regulasi Menurut Ahli

1. Collins Dictionary

Regulasi adalah aturan yang dibuat untuk mengontrol cara individu dalam berperilaku.

2. Stewart and Walshe

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan