Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku ūüďö

ūüďĖ Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. ūü§ó

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

6 Ciri-ciri Orang Bijak yang Positif untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

6 Agustus 2022   11:44 Diperbarui: 6 Agustus 2022   12:00 81 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dari banyaknya quotes bijak yang kamu temukan, apakah kamu ingin jadi orang bijak? Banyaknya hal positif dari quotes bijak mungkin tidak mudah dilakukan karena jadi orang bijak harus memiliki hati yang besar.

Namun hal tersebut tentu memiliki manfaat, baik bijaksana berdampak untuk diri sendiri atau orang lain. Dalam praktiknya, kita bisa mempelajari kebijaksanaan dari ciri-ciri orang bijak dalam menjalani kehidupannya. 

Ciri-Ciri Orang Bijak

Mungkin sulit untuk membedakan orang bijak dan tidak tanpa benar-benar mengenalnya. Tetapi jika kamu memperhatikan, ada ciri-ciri orang bijak yang benar-benar dapat membedakannya. Karena orang bijak biasanya menunjukkan  tanda dan kualitas yang tidak dimiliki orang lain, seperti ciri-ciri orang bijak berikut ini: 

1. Merencanakan Semuanya dengan Hati-hati 

Ketika kamu berada dalam situasi yang sulit, orang  dengan mudah kehilangan kendali atas diri mereka sendiri, dan itu wajar. Seseorang mungkin sering memiliki suasana hati yang buruk bahkan ketika dalam masalah serius. 

Lebih buruk lagi, mereka bahkan mungkin fokus memikirkan masalah daripada bagaimana menyelesaikannya. Akibatnya, jika  ada solusi, tetapi solusi tersebut tidak optimal. Tidak jarang solusinya memperburuk daripada menyelesaikan masalah yang ada. 

Nah, orang bijak tidak akan begitu ceroboh. Seperti kita, mereka pada awalnya akan merasa frustasi, stres, atau dalam suasana hati yang buruk. Tapi apa yang dia rasakan di dalam hatinya tidak serta merta menggugah hatinya. 

Luangkan waktu sejenak untuk mengatur napas dan menenangkan diri. Kemudian, ketika sudah tenang, coba untuk menyelesaikan masalah dan  menemukan cara terbaik untuk menyelesaikannya. 

Tidak seperti kebanyakan orang, orang bijak memikirkan hal-hal dengan hati-hati untuk mencegah hal yang sama terjadi lagi. 

2. Selalu Berpikir Positif 

Nasehat untuk selalu berpikir positif mudah  diucapkan, tetapi bisa sulit untuk dipraktekkan. Berpikir positif itu mudah  ketika hidup kita bahagia. Tetapi ketika hidup penuh dengan masalah, yang tidak ingin kita lakukan adalah mencoba berpikir positif. 

Lupakan berpikir positif dan hanya memikirkan masalah menjadi tak tertahankan. Orang bijak memiliki cerita yang berbeda. Namun orang bijak selalu berusaha untuk berpikir positif dalam situasi apapun. Hal itu bagaimana kamu juga selalu bisa melihat sisi terbaik  dari situasi terburuk. 

3.Tidak Anti Kritik 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan