Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

6 Platform Social Media Marketing untuk Mengembangkan Bisnis-Mu!

31 Juli 2022   10:05 Diperbarui: 31 Juli 2022   10:07 105 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sosial media marketing adalah salah satu platform pemasaran yang tengah populer saat ini. Bagaimana tidak? Jumlah pengguna pada platform sosial media saat ini terus mengalami penambahan di setiap tahunnya. 

Dikutip dari Hootsuite, bahwa jumlah pengguna aktif sosial media di Indonesia saja, kini sudah mencapai hingga 160 juta pengguna, yang artinya 59% dari total jumlah penduduk di Indonesia aktif menggunakan sosial media.

Jika melihat data tersebut, tidak heran lagi kalau saat ini banyak brand yang sangat aktif dalam menggunakan sosial media untuk sosial media marketing. 

Platform sosial media ini ternyata mampu membantu sebuah brand untuk bisa terhubung dengan para audiens mereka untuk meningkatkan brand awareness, traffic untuk ke website atau marketplace, sampai bisa meningkatkan penjualan produk mereka.

Saat ini ada 6 Platform sosial media yang mempunya banyak pengguna, di antaranya Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, TikTok, dan LinkedIn.

Nah, apakah platform tersebut harus digunakan semuanya oleh sebuah brand untuk sosial media marketing? Jawabannya, tentu tidak. Sebelum kamu menggunakan platform tersebut untuk social media marketing, kamu perlu menentukan pengguna dari masing-masing platform, lalu menentukan platform mana yang paling cocok dengan kamu.

Sebelum terjun langsung menentukan platform untuk social media marketing, kamu juga perlu mengenal dasar dari social media marketing. Berikut platform yang bisa kamu maksimalkan untuk social media marketing.

Platform Social Media Marketing

1. Facebook

Sosial media Facebook sempat menjadi platform yang sangat populer di dunia, karena ia mempunyai 2,7 miliar pengguna aktif yang terus bertambah di setiap bulannya. Hadir sejak tahun 2004, pengguna sosial media Facebook ini didominasi oleh penggunanya yang berada di generasi millenial dan generasi X.

Beragam fitur yang ada di Facebook seringkali dimanfaatkan oleh berbagai brand untuk meningkatkan brand awareness mereka, seperti fanpage dan paid ads. Berada pada segmen business to customer (B2C), saat ini Facebook telah mengembangkan fiturnya berupa fitur marketplace yang memungkinkan para brand untuk langsung menjual produknya di Facebook.

2. Instagram

Mempunyai 69,2 juta pengguna yang aktif di Indonesia, menjadikan Instagram sebagai sosial media yang sangat menjanjikan untuk menjalankan sosial media marketing. Saat ini Instagram boleh dibilang sebagai platform utama yang dipakai oleh banyak brand dalam membangun brand awareness mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan