Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

6 Platform Social Media Marketing untuk Mengembangkan Bisnis-Mu!

31 Juli 2022   10:05 Diperbarui: 31 Juli 2022   10:07 307
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosial media marketing adalah salah satu platform pemasaran yang tengah populer saat ini. Bagaimana tidak? Jumlah pengguna pada platform sosial media saat ini terus mengalami penambahan di setiap tahunnya. 

Dikutip dari Hootsuite, bahwa jumlah pengguna aktif sosial media di Indonesia saja, kini sudah mencapai hingga 160 juta pengguna, yang artinya 59% dari total jumlah penduduk di Indonesia aktif menggunakan sosial media.

Jika melihat data tersebut, tidak heran lagi kalau saat ini banyak brand yang sangat aktif dalam menggunakan sosial media untuk sosial media marketing. 

Platform sosial media ini ternyata mampu membantu sebuah brand untuk bisa terhubung dengan para audiens mereka untuk meningkatkan brand awareness, traffic untuk ke website atau marketplace, sampai bisa meningkatkan penjualan produk mereka.

Saat ini ada 6 Platform sosial media yang mempunya banyak pengguna, di antaranya Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, TikTok, dan LinkedIn.

Nah, apakah platform tersebut harus digunakan semuanya oleh sebuah brand untuk sosial media marketing? Jawabannya, tentu tidak. Sebelum kamu menggunakan platform tersebut untuk social media marketing, kamu perlu menentukan pengguna dari masing-masing platform, lalu menentukan platform mana yang paling cocok dengan kamu.

Sebelum terjun langsung menentukan platform untuk social media marketing, kamu juga perlu mengenal dasar dari social media marketing. Berikut platform yang bisa kamu maksimalkan untuk social media marketing.

Platform Social Media Marketing

1. Facebook

Sosial media Facebook sempat menjadi platform yang sangat populer di dunia, karena ia mempunyai 2,7 miliar pengguna aktif yang terus bertambah di setiap bulannya. Hadir sejak tahun 2004, pengguna sosial media Facebook ini didominasi oleh penggunanya yang berada di generasi millenial dan generasi X.

Beragam fitur yang ada di Facebook seringkali dimanfaatkan oleh berbagai brand untuk meningkatkan brand awareness mereka, seperti fanpage dan paid ads. Berada pada segmen business to customer (B2C), saat ini Facebook telah mengembangkan fiturnya berupa fitur marketplace yang memungkinkan para brand untuk langsung menjual produknya di Facebook.

2. Instagram

Mempunyai 69,2 juta pengguna yang aktif di Indonesia, menjadikan Instagram sebagai sosial media yang sangat menjanjikan untuk menjalankan sosial media marketing. Saat ini Instagram boleh dibilang sebagai platform utama yang dipakai oleh banyak brand dalam membangun brand awareness mereka.

Sebuah brand bisa membagikan foto produk mereka, serta bisa me-repost konten audiens mereka. Dengan begitu mereka bisa menjadi lebih dekat dengan konsumennya. Interaksi antara konsumen dengan brand inilah yang menjadikan Instagram sebagai sebuah platform yang mempunyai tingkat engagement tertinggi.

Untuk mengakomodir brand dalam memasarkan produk kepada konsumennya, Instagram juga kini menghadirkan fitur Instagram Shopping. Fitur inilah yang memungkinkan para konsumennya untuk langsung melakukan pembelian dari postingan di Instagram.

3. YouTube

YouTube memang menjadi sebuah platform yang paling banyak digunakan, dengan 88% dari total pengguna internet yang ada di Indonesia menggunakan platform YouTube. Audiens pada platform ini didominasi oleh generasi millenial, atau mereka yang lahir pada tahun 1980-2000an.

Youtube bisa dimanfaatkan para brand untuk meningkatkan brand awareness. Mereka bisa menggunakannya untuk menampilkan konten review produk, iklan, sampai ke mini series yang kerap dimanfaatkan oleh banyak brand untuk memperkenalkan produk yang mereka miliki.

4. Twitter

Meski saat ini platform Twitter tidak sepopuler 3 platform sebelumnya, namun Twitter masih mempunyai banyak pengguna setia. Berbentuk platform microblogging yang berbasis pada minat, dimana penggunanya dan brand bisa saling terhubung dan juga berinteraksi satu sama lainnya.

Tingkat interaksi di twitter juga sangat tinggi, membuat sebuah brand kerap kali memanfaatkan Twitter untuk menghadirkan fitur pelayanan pelanggan. Fitur ini difungsikan untuk brand merespon komplain ataupun pertanyaan dari para pelanggannya secara langsung.

5. LinkedIn

LinkedIn merupakan salah satu platform sosial media yang mempunyai konsep berbeda dibandingkan dengan platform sosial media marketing lainnya. di mana, platform ini sebagian besar penggunanya adalah golongan profesional yang mempunyai latar belakang bisnis. Sosial media yang satu ini sering digunakan oleh penggunanya untuk mencari pekerjaan.

Meskipun begitu, LinkedIn sebetulnya bukan hanya platform untuk mencari kerja saja. Sebuah brand bisa memanfaatkan sosial media ini untuk Business to Business (B2B) marketing maupun B2B relationship.

6. TikTok

Platform yang satu ini memiliki kemiripan dengan platform Instagram maupun Snapchat. Namun, TikTok lebih bersifat eksklusif untuk pengguna seluler. Platform sosial media TikTok berorientasi pada video serta melayani penggunanya yang memiliki rentang usia lebih muda. Sehingga, para brand bisa memilih platform ini secara khusus untuk menargetkan pasarnya adalah Gen Z.

Kini, platform TikTok juga memiliki fitur promosi berbayar yang bisa digunakan brand untuk melakukan aktivitas sosial media marketing. Maka dari itu, TikTok kini mempunya potensi yang luar biasa untuk melakukan kampanye viral dalam menjalankan sosial media marketing.

Itulah keenam platform sosial media yang bisa kamu gunakan dalam menjalankan sosial media marketing. Gimana, sekarang sudah bisa menentukan akan menggunakan platform mana saja kan untuk sosial media marketing? Selamat mencoba!

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun