Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Cara Memilih Sekolah Sepak Bola

18 April 2022   17:06 Diperbarui: 18 April 2022   17:15 87 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Olahraga sepak bola sudah dikenal oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tidak hanya itu, sepak bola juga disukai oleh para wanita. Maka dari itu, sudah banyak orang yang sangat senang ketika menonton pertandingan besar sepak bola. Bukan hanya senang menonton saja, tetapi ada juga yang merasa sangat senang ketika bermain sepak bola. 

Hampir setiap orang pasti pernah bermain sepak bola bersama dengan teman-temannya. Biasanya saat masih kecil, waktu bermain sepak bolanya pada sore hari apalagi pada saat hujan akan semakin seru permainannya. Meskipun pada saat bermain sepak bola, dalam satu timnya tidak berjumlah 11 pemain, tetapi permainan sepak bola tetap seru dan menghibur. 

Bermain sepak bola bersama dengan teman memang sangat menyenangkan apalagi bermainnya dengan orang-orang yang kita kenal. Akan tetapi, untuk mendalaminya kita perlu untuk menempuh pendidikan non formal sepak bola. Dengan kata lain, seseorang yang ingin memiliki kemampuan sepak bola lebih memerlukan pelatihan dan pembinaan khusus. 

Pada dasarnya, pendidikan non formal sepak bola ini bisa diikuti oleh anak yang masih berusia dini hingga remaja. Semakin lama menempuh pendidikan, maka kemampuan bermain sepak bola akan semakin terasah dengan baik juga. Nah, salah satu pendidikan non formal sepak bola yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah Sekolah Sepak Bola atau biasa kita dengar singkatan SSB. 

Sekolah Sepak Bola (SSB)

Pada dasarnya, Sekolah Sepak Bola atau lebih dikenal dengan SSB ini sudah ada sejak tahun sekitar tahun 1990. Pada masa itu, dibentuknya SSB masih berada di bawah naungan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Dengan kehadiran SSB pada masa itu membuat anak usia dini serta para pemuda Indonesia memiliki tempat untuk meningkatkan kemampuan bermain sepak bola serta pengertian sepak bola.

Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa Sekolah Sepak Bola (SSB) memiliki fungsi utama yaitu sebagai tempat belajar untuk bermain sepak bola bagi para anak-anak serta remaja. Dengan masuk SSB, seorang anak bisa saja menjadi pemain bola profesional berkat kemampuan bermain sepak bola yang terus diasah. 

Terlebih lagi, terkadang beberapa SSB akan menyelenggarakan turnamen guna melihat kemampuan siswa dalam bermain sepak bola pada suatu pertandingan resmi. Kemampuan yang dilihat pada saat bertanding, bukan hanya skill saja, tetapi mental juga diperhatikan oleh para pelatih. 

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan di SSB ini bisa dibilang lebih murah bila dibandingkan dengan akademi sepak bola. Dengan harga yang lebih murah itulah, banyak orang yang menjadikan SSB sebagai alternatif supaya kemampuan seorang anak dalam bermain sepak bola dapat berkembang dengan baik. 

Dengan demikian, SSB ini perlu terus dikembangkan agar semakin mudah dalam menemukan bakat alami bermain sepak bola sejak kecil. Dengan begitu, Indonesia akan memiliki banyak regenerasi pemain sepak bola. 

Cara Memilih Sekolah SSB

Ternyata, ada acara untuk memilih Sekolah Sepak Bola (SSB) yang baik. Berikut ini beberapa cara memilih SSB terbaik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan