Mohon tunggu...
Gramedia Official
Gramedia Official Mohon Tunggu... Lainnya - Tempat kamu mencari buku 📚

📖 Halaman untuk pecinta buku. Dari trivia, review, hingga rekomendasi buku dari #SahabatTanpaBatas-mu. 🤗

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

6 Rekomendasi Buku Belajar Membaca untuk Anak

4 Oktober 2021   16:20 Diperbarui: 4 Oktober 2021   16:33 166 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Buku adalah jendela dunia, begitulah kata pepatah mengatakan. Untuk bisa membaca dan menumbuhkan minat baca pada anak, orang tua seharusnya mengajarkan anak membaca sedini mungkin. Membaca tidak hanya berguna pada orang dewasa saja, bagi anak-anak membaca bisa meningkatkan daya ingat. Selain itu, dengan membaca kemampuan bahasa dan perbendaharaan kata anak juga akan terus terasah. 

Membaca juga memiliki kegunaan untuk melatih kita dalam berkonsentrasi. Dengan mengajar anak membaca buku sedini mungkin, anak-anak akan mendapatkan pengetahuan tentang dunia sekitarnya. Ada banyak sekali buku yang bisa diberikan kepada anak-anak, buku yang mudah dibaca dan sangat praktis untuk melatih anak membaca. 

Untuk melatih anak membaca dan meningkatkan minat baca, orang tua haruslah menjadi tokoh utamanya. Anak cenderung mengikuti orang tuanya, maka dari itu orang tua juga harus mencoba membaca di depan anak-anak. Dari situ mungkin anak akan mengikuti membaca. Cobalah untuk membaca sejak anak-anak masih di dalam rahim sang ibu. Begitu juga ketika anak baru lahir, bacakan cerita kepada mereka. 

Bacalah sejelas mungkin, setiap hari, buku apapun untuk anak yang baru lahir. Penelitian mengatakan bahwa jumlah kata yang sering didengar bayi akan memiliki dampak langsung pada perkembangan bahasanya. Namun, kata-kata yang diutarakan harus melalui orang tuanya langsung, dari televisi maupun pemutar musik lainnya tidak terhitung. 

Ada banyak sekali buku-buku yang bisa diberikan pada anak untuk belajar membaca. Namun, orang tua tidak perlu khawatir, kami sudah merangkumkan beberapa rekomendasi buku belajar membaca untuk anak-anak. Berikut adalah beberapa rekomendasi buku belajar membaca anak yang wajib dimiliki untuk membantu para orang tua mengajarkan anak membaca sedari dini.

Rekomendasi Buku Belajar Membaca untuk Anak

1. ABACAGA Cara Praktis Belajar Membaca untuk Anak

Buku ini bisa diberikan untuk anak berusia 4-6 tahun. Di dalam buku ini akan dikenalkan abjad yang berdampingan dengan huruf-huruf vokal dan konsonan. Buku ini juga mengenalkan huruf vokal yang berdampingan dengan huruf dan juga suku kata. Untuk huruf konsonan didampingkan dengan huruf-huruf vokal beserta imbuhan. Selain itu, buku ABACAGA mengenalkan anak-anak tentang bunyi sengau dan huruf gabung. 

Sumber foto: Dok. Gramedia.com
Sumber foto: Dok. Gramedia.com

Tidak hanya itu, buku yang satu ini juga dilengkapi kartu-kartu membaca sehingga anak menjadi tertarik dan anak-anak jadi bisa membaca melalui pengenalan huruf-huruf dengan analogi nama benda yang berada di sekeliling mereka, sehingga anak-anak akan lebih mudah mengingat. Orang tua cukup meluangkan waktu paling sedikit 10 menit untuk mengajarkan anak membaca dengan buku yang menggunakan metode stepping stone ini. Dapatkan bukunya di sini!

2. 60 Jam Pintar Baca Tanpa Dieja

Sumber foto: Dok. Gramedia.com
Sumber foto: Dok. Gramedia.com

Buku ini mengajak orang tua untuk melatih anak membaca tanpa perlu dieja. Seringkali kita mendengar anak-anak mengutarakan beberapa kosakata atau bahkan menyanyikan lagu tanpa dieja. Maka dari itu, buku ini ingin mengajak para orang tua untuk mengajarkan kata-kata terlebih dahulu sebelum belajar huruf-huruf abjad. Orang tua cukup meluangkan minimal 10 menit setiap harinya bersama anak untuk membaca buku ini. Buku ini bisa diberikan untuk anak berusia 4 tahun. Dapatkan bukunya di sini!

3. Belajar Membaca metode MSK

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan