Mohon tunggu...
Gracia Tan
Gracia Tan Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Media

Online Journalism, Apa yang Berbeda?

10 Februari 2019   13:36 Diperbarui: 13 Februari 2019   06:57 90 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Online Journalism, Apa yang Berbeda?
Ilustrasi Online Journalism

Mendengar kata media massa, pada saat ini tidak hanya terpaku pada koran, radio maupun televisi. Perkembangan teknologi dan hadirnya internet telah membawa praktek jurnalisme dan media massa melangkah lebih jauh menjadi berbasis online

Dalam jurnalisme online, media penyampaian berita tidak terkotak-kotak seperti koran yang hanya dengan teks, radio yang hanya menggunakan audio atau televisi yang menggabungkan audio dan video, namun ia dapat menggabungkan aspek-aspek seperti audio, video, teks bahkan animasi ke dalam sebuah berita.

Media yang mengikuti arus jurnalisme online saat ini tidak hanya berpaku pada bentuk media konvensionalnya saja, namun mereka menyesuaikan diri untuk lebih menarik masyarakat, misalnya saja situs dari stasiun radio NPR yang menyediakan berita dalam bentuk teks dan foto selain siaran streaming radio mereka. Apabila hanya dilihat secara sekilas, kita tidak akan menduga bahwa sebenarnya situs NPR merupakan situs dari stasiun radio.

Situs NPR
Situs NPR
Demikian juga dengan New York Times yang biasanya kita kenal merupakan media massa koran, dalam situsnya ternyata ia memiliki tayangan-tayangan berita dalam bentuk video

Situs Video NYT
Situs Video NYT
Tidak hanya itu, situs berita media online terkadang juga menyediakan audio berupa podcast seperti halnya dalam situs SER.

atreus.hexenschmiede.info
atreus.hexenschmiede.info
Stasiun televisi yang memiliki situs web juga menyediakan berita dalam bentuk teks. Hal ini membuat seorang reporter juga dituntut untuk memiliki kemampuan menulis berita dalam bentuk teks. Misalnya dalam situs ABC News, yang sekilas nampak seperti situs dari media koran namun sebenarnya berasal dari media TV.

ABC News
ABC News
Media massa pada saat ini telah banyak melakukan penyesuaian terhadap perkembangan teknologi dan minat dari masyarakat itu sendiri. Sebagai hasilnya, masyarakat dapat memilih berita apa saja yang ingin diketahui. 

Adanya media Google News, LINE TODAY, BABE, dan sebagainya dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan pemilihan karena media-media ini mengumpulkan berita-berita sesuai topik apa yang paling banyak kita baca serta membuat peringkat dari berita mana saja yang paling banyak dibaca. Media ini disebut dengan Agregated Media.

Google News
Google News
Trending Berita LINE TODAY
Trending Berita LINE TODAY
Jurnalisme online menjadi berbeda, selain karena ia dapat menggabungkan berbagai aspek media seperti teks, audio, video, dan sebagainya ke dalam sebuah berita, juga karena ia dapat mengajak masyarakat untuk lebih aktif dalam memilih berita yang ingin diketahui. 

Banyak dari situs berita online yang juga menyediakan fitur interaktif seperti kolom komentar maupun emoji yang dapat mewakili perasaan pembaca setelah selesai membaca berita tersebut.

Dengan demikian, seorang jurnalis dalam era jurnalisme online ini diharapkan dapat memiliki beragam kemampuan untuk menunjang pemberitaan agar lebih detail, seperti fotografi, videografi, editing foto/video, animasi, maupun program komputer dan pengumpulan data.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x