Tabel di atas merupakan karakteristik dari new media dalam media online Kontan.co.id. Berikut adalah keterangan lebih lanjutnya,Â
1. Digital ADA
Media online Kontan.co.id dapat diakses tidak hanya melalui PC namun juga dapat diakses melalui perangkat lain seperti HP, Tab, dll. Hal ini memperlihatkan bahwa Kontan.co.id termasuk media digital yang menggunakan data dan tidak berbentuk fisik sehingga dapat dibuka melalui perangkat yang berbeda.
2. Hypertextual ADA
Kontan.co.id menyediakan tombol share untuk membagikan beritanya melalui berbagai platform seperti Facebook, Twitter, Google+, Whatsapp (dibuka dalam handphone), Telegram (dibuka dalam handphone) serta tombol penyalin link untuk membagikannya melalui platform yang belum ditampilkan. Meskipun begitu, berita yang ada di media online Kontan.co.id tidak begitu banyak mendapatkan share dari pembaca, berita terpopuler bahkan hanya mendapatkan 10 share saja. Hal ini dapat dilihat dari jumlah share yang tertera pada beberapa berita, banyak diantaranya yang malah tidak mendapatkan share sama sekali.
Tidak ada interaktivitas dalam media online Kontan.co.id karena tidak ada wadah untuk kolom komentar maupun tanggapan dari pembaca yang disediakan oleh Kontan.co.id.
4. Jaringan ADA
Pada media online Kontan.co.id disediakan kontak yang dapat dihubungi oleh pembaca yang ingin mengirimkan karya jurnalistiknya. Pembaca harus membuat akun ataupun log-in terlebih dahulu untuk membuat karya publikasi. Terdapat aturan-aturan yang mengikat pembaca yang ingin mempublikasikan karyanya yang dapat dilihat pada Pedoman Pemberitaan Media Siber. Selain itu Kontan.co.id juga pernah menayangkan sebuah berita yang telah tayang di media lain, misalnya Kompas.
Tidak ada tampilan virtual yang dapat mengajak pembaca untuk merasakan kejadian yang dipaparkan secara 3D. Dalam satu artikel hanya terdapat satu gambar yang disertakan.