Mohon tunggu...
Bisnis

Tips Merencanakan Keuangan sebelum Memulai Bisnis (Start-up)

23 Juli 2018   12:34 Diperbarui: 23 Juli 2018   14:15 1787 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Merencanakan Keuangan sebelum Memulai Bisnis (Start-up)
startup-593327-640-5b558078677ffb28d44a0a66.jpg

Berminat memulai bisnis start-up? Sudah menjadi rahasia umum bahwa mayoritas bisnis start-up akan gagal karena kurangnya perencanaan keuangan. Jangan menjadi seperti mereka dan mulai rencanakan keuangannya bahkan sebelum memulai bisnis.

Quick Bites:

  • Mengenal sekilas mengenai bisnis start-up
  • Langkah mudah merencanakan keuangan sebuah bisnis start-up

Mengenal Bisnis Start-up

Mengutip dari Wikipedia, perusahaan rintisan atau umum disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Dengan kata lain, mayoritas perusahaan-perusahaan merupakan perusahaan yang baru saja didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian.

Tips Mudah Merencanakan Keuangan Bisnis Start-up

Nyatanya, mengembangkan sebuah bisnis start-up sangatlah sulit. Banyak pebisnis yang kesusahan menjalaninya. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, dan salah satunya yang paling umum adalah masalah keuangan.

Memang betul keuangan merupakan satu faktor penting yang menjadi pondasi sebuah bisnis yang berdiri dengan kuat, sehingga sebaiknya Anda tidak menyepelekan masalah keuangan ini. Oleh karena itu, Ajaib Robo akan membagikan beberapa tips mudah untuk merencanakan keuangan bisnis start-up Anda:

1 Membuat Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis atau business plan adalah sebuah pernyataan formal atas tujuan berdirinya sebuah bisnis, yang berisi strategi atau rencana-rencana bisnis yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut.

Perencanaan bisnis merupakan sebuah gambaran yang akan membimbing bisnis Anda dari fase start-up hingga berkembang. Pastinya ini adalah keharusan bagi semua bisnis, tidak peduli apapun jenis bisnis Anda.

Perencanaan bisnis yang baik membuat siapapun yang membacanya dapat merealisasikan bisnis tersebut dengan tepat. Hal inilah yang akan membuat pebisnis tetap fokus pada pengembangan perusahaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN