Finansial

Investasi Emas untuk Pemula

9 Juli 2018   10:44 Diperbarui: 9 Juli 2018   10:52 296 0 0
Investasi Emas untuk Pemula
pinterest.co.uk

Emas merupakan logam mulia berwarna kuning yang dapat ditempa dan dibentuk, biasa dibuat perhiasan seperti cincin, dan kalung. Banyak juga yang membeli emas sebagai produk investasi jangka panjang.


JENIS INVESTASI EMAS

  1. Emas Batangan: Emas dalam bentuk fisik batangan yang dijual sesuai dengan gram yang diinginkan. Semakin tinggi karat emas yang dibeli, semakin mahal harga emas tersebut. 
  2. Emas Perhiasan: Emas yang sudah diubah menjadi perhiasan seperti kalung, cincin, atau perhiasan lainnya. Biasanya dibeli untuk investasi ataupun prestis.
  3. Trading emasEmas yang tidak mempunyai bentuk fisik dan hanya diperjualbelikan secara online dengan metode investasi derivatives. Fluktuasi harga trading emas dapat memberikan keuntungan dan kerugian yang cepat silih berganti.

*Dikarenakan kompleksnya Trading emas, artikel ini hanya akan membahas investasi emas batangan dan perhiasan lebih lanjut.

Source: ANTAM
Source: ANTAM
KEUNTUNGAN BERINVESTASI EMAS

  • Tidak mengalami pergeseran atau penurunan kualitas

Emas yang dibeli tidak akan mempunyai penurunan kualitas dalam artian jika anda membeli emas 24 karat, seiring berjalannya waktu emas tersebut tetap mempunyai kualitas 24 karat dan tidak menurun ke 18 karat.

  • Emas bisa diterima di seluruh dunia, 

Terlepas dari negara dan mata uang, emas tetaplah dijadikan produk yang dapat diperdagangkan secara universal.

  • Dapat dengan mudah dicairkan/ digadaikan

Menjual emas yang telah Anda beli tidaklah sulit. Anda dapat dengan mudah pergi ke Bank atau pegadaian untuk menjual emas yang ada dan mendapatkan uang tunai dari penjualan tersebut secara langsung.

  • Cocok untuk investasi jangka panjang

Jika Anda ingin berinvestasi jangka panjang, emas merupakan investasi yang menguntungkan karena harga emas di masa depan cenderung/ mempunyai probabilitas tinggi untuk mengalami kenaikan.

KERUGIAN BERINVESTASI EMAS

  • Harga jual turun (Emas perhiasan)

Jika Anda membeli emas dalam rupa perhiasan, perlu diketahui harga jual perhiasan tersebut akan turun dikarenakan pada saat membeli dikenakan biaya pembuatan. Namun pada saat menjual hanya dikenakan harga emas tidak beserta biaya pembuatan.

  • Susah menampung emas fisik 

Mengurangi tingkat keamanan karena mempunyai probabilitas lebih tinggi untuk dicuri jika tempat penyimpanan tidak aman.

  • Biaya penyimpanan

Seperti yang dijelaskan diatas, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, tentulah Anda menginginkan tempat penyimpanan emas yang sangat aman yang berarti mempunyai biaya penyimpanan yang besar pula.

  • Ada kurs

Pada saat membeli dan menjual emas, akan dikenakan biaya kurs jual dan kurs beli. Contoh: Untuk menjual emas Anda dapat melihat kurs jual Rp 600,000.00 per gram dan untuk membeli dapat dilihat kurs beli yang harganya lebih mahal dari kurs jual seharga Rp 615,000.00 per gram

  • Imbal balik yang diberikan tidak secepat produk investasi yang lain

Ketika membeli emas 5 tahun yang lalu dan menjual nya pada hari ini. Harga emas naik sekitar 15% sedangkan dengan produk investasi lain seperti saham imbal balik 15% dapat didapatkan dalam waktu sehari.


Untuk mengetahui lebih lanjut informasi mengenai tempat pembelian dan penyimpanan emas dapat dilihat dari sumber ini.