Mohon tunggu...
Gracia Eirene
Gracia Eirene Mohon Tunggu... Jurnalis - Pelajar SMA

Hanya seorang pelajar SMA biasa yang ingin berbagi cerita dan kisah di sini.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jadi Pemimpin, Yuk!

31 Agustus 2023   12:54 Diperbarui: 31 Agustus 2023   13:12 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menjadi seorang pemimpin mungkin adalah keinginan bagi sebagian besar orang. Tujuan dan alasan mereka pun beragam, ada yang memang sudah memiliki jiwa kepemimpinan (leadershipyang tinggi dari dalam dirinya, ada juga yang ingin mencoba untuk belajar menjadi seorang pemimpin, atau hanya sekedar menaikkan "status sosial" mereka dengan menjadi seorang pemimpin. 

Lalu, mengapa "posisi" pemimpin itu menarik bagi sebagian besar orang? 

Ya, dengan menjadi seorang pemimpin, kita bisa belajar untuk membangun jiwa kepemimpinan (leadership) yang ada dalam diri kita. Perlu kalian ketahui, bahwa semua orang sudah memiliki jiwa kepemimpinan dalam dirinya. Namun, tak semua menyadari lalu mengembangkannya. Nah, dengan menjadi seorang pemimpin, kita tentu dapat belajar untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan tersebut. 

Untuk belajar, kita tidak perlu langsung menjadi pemimpin dengan jabatan yang tinggi, kok! Kita bisa memulai dengan menjadi ketua kelompok proyek di sekolah atau kampus. Dengan kelompok-kelompok kecil tersebut, tugas dan tanggung jawab yang diemban juga tidak begitu berat. Untuk selanjutnya, jika kamu sudah benar-benar membangun jiwa kepemimpinan tersebut dengan baik, kamu bisa mencoba untuk mengambil jabatan seorang pemimpin yang lebih tinggi, misanya dengan menjadi ketua kelas, ketua organisasi, dan sebagainya, tentu disesuaikan dengan kepercayaan yang diberikan. 

Hm, banyak orang yang ingin menjadi pemimpin... apakah menjadi seorang pemimpin itu sulit

Jawabannya adalah, semua orang tentu memiliki kesulitannya masing-masing dalam menjalankan tugasnya, termasuk menjadi pemimpin. Menjadi pemimpin akan terasa sulit jika dari dalam diri kita tidak ada keinginan untuk mencoba. Rasa takut dan enggan itulah yang juga dapat menghambat kita untuk belajar menjadi pemimpin. 

Jadi pemimpin itu juga perlu tanggung jawab. Ia harus mampu mengkoordinasikan pekerjaan dengan sesama timnya, hingga bagaimana ia mampu untuk menjaga kinerja timnya agar tetap kondusif. 

Selain itu, pemimpin juga harus dapat mengendalikan dan menyelesaikan konflik yang terjadi di lingkungan kerjanya. 

Menjadi pemimpin memang menjadi keinginan banyak sekali orang. Ada banyak keuntungan dan manfaat dengan kita menjadi seorang pemimpin. Namun, perlu diingat juga bahwa menjadi seorang pemimpin juga perlu tanggung jawab dan kedisplinan yang tinggi. Dengan begitu, rekan sesama kerja kita pun mampu bekerja dengan baik.

So, apakah kalian semakin tertarik untuk menjadi pemimpin? 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun