Mohon tunggu...
GSC
GSC Mohon Tunggu... Seseorang yang senang menambah pengetahuan dan menyebarkannya.

Seseorang yang senang menambah pengetahuan dan menyebarkannya.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

5 Basic Skill Dalam Berbisnis

24 Oktober 2020   12:26 Diperbarui: 24 Oktober 2020   15:02 53 2 0 Mohon Tunggu...

Hampir seluruh orang di semua negara terdampak pandemi yang sedang berlangsung saat ini, baik terdampak secara mental maupun fisik. Ini adalah masa-masa berat yang membuat kita jadi harus sigap mencari jalan keluar agar tetap bertahan. Banyak orang saat ini mulai melirik usaha rumahan dan berbisnis secara online karena fleksibilitasnya. Ada yang mulai berdagang online lewat Instagram, twitter, shoppee, tokopedia, dan banyak market place lain. Banyak juga yang mulai melirik usaha investasi di broker besar seperti FXDD karena peluangnya yang menggiurkan.

Menjadi pengusaha itu tidak mudah, ada banyak sekali risiko yang harus siap dihadapi seperti risiko finansial, risiko karier, risiko emosional, atau risiko bisnis secara keseluruhan. Namun jika anda ingin sukses dalam berwirausaha, apapun bisnis yang ingin anda geluti, pastikan anda memiliki 5 basic skills berikut:

  • Komunikasi. Setiap wirausahawan perlu menjadi komunikator yang efektif, baik secara perorangan atau dalam tim, mereka perlu memahami cara berkomunikasi secara efektif dengan semua pihak yang berkepentingan. Wirausahawan harus mampu berkomunikasi dengan karyawan, investor, pelanggan, kreditur, rekan kerja, dan mentor. Jika seorang wirausahawan tidak dapat mengkomunikasikan nilai perusahaannya, kecil kemungkinannya perusahaan tersebut akan berhasil.Mereka juga perlu menguasai semua bentuk komunikasi, termasuk percakapan tatap muka, percakapan grup, komunikasi tertulis, dan email atau pesan online.
  • Penjualan. Keterampilan penjualan sama pentingnya dengan keterampilan komunikasi yang diperlukan untuk sukses. Sebagai seorang wirausahawan, orang ini harus mampu menjual apa saja. Seorang pengusaha perlu menjual ide bisnis kepada calon investor, produk atau layanan kepada pelanggan, dan diri mereka sendiri kepada karyawan. Jika seorang wirausahawan mampu berkomunikasi secara efektif, mereka lebih siap untuk menjual ide dan produk fisik mereka. Pada awalnya, wajar jika wirausahawan menjadi wiraniaga pertama di perusahaannya masing-masing. Keterampilan penjualan tersebut diperlukan untuk menunjukkan nilai bagi semua pihak yang berkepentingan baik di dalam atau di luar perusahaan.
  • Fokus. Tidak ada bisnis yang dimulai dan langsung mengalami kesuksesan karena jalan menuju bisnis yang sukses penuh dengan pasang surut. Pasti kita semua akan mengalami puncak kesuksesan namun sebelum mencapai kesuksesan biasanya kita akan mengalami keputusasaan karena kerugian dan kemunduran bisnis di masa awal. Seorang wirausahawan yang sukses harus bisa fokus sehingga mereka bisa tetap bertahan untuk berada di jalur yang sama saat keadaan semakin sulit, jangan gampang menyerah. Keterampilan ini enting karena kita tetap harus dituntut untuk selalu logis hingga akhir. Apapun kendala yang dialami seorang wirausahawan, seorang wirausahawan yang sukses memiliki fokus yang baik yang diperlukan untuk tetap terpacu pada tujuan akhir dan dapat mendorong dirinya sendiri untuk mencapainya.
  • Kemampuan untuk belajar. Kemampuan belajar merupakan salah satu keterampilan terpenting yang harus dimiliki dalam hidup bukan hanya dalam bisnis saja, namun dalam berwirausaha keterampilan ini adalah salah satu yang terpentng dan menentukan. Dengan keterampilan dan kemauan untuk terus belajar, maka  pasang surut usaha yang tidak bisa dihindari akan menjadi media belajar yang membuat wirausahawan menjadi kritis dalam berpikir dan menentukan langkah sebijak mungkin untuk bisnisnya kedepannya. Kegagalan dapat membantu memperluas pengetahuan dan pemahaman seseorang tentang bisnis, jadi jika di awal berbisnis rasanya bisnisnya jalan di tempat dan tidak mengalami perkembangan, maka jangan mneyerah dan terus introspeksi diri agar bisa menjalankan bisnis yang lebih baik ke depannya.
  • Strategi bisnis. Untuk memiliki suatu usaha yang sukses maka keterampilan strategi bisnis sebenarnya adalah keterampilan terpenting kelima yang dibutuhkan wirausahawan. Seringkali, pengusaha mencapai kesuksesan dalam bisnis mereka melalui kekuatan kemauan mereka sendiri. Dengan menggunakan keterampilan komunikasi yang efektif, keterampilan penjualan, fokus yang dalam, dan kemampuan belajar yang tinggi, seorang wirausahawan sebenarnya dapat mempelajari strategi bisnis dengan cepat. Namun, saat menyusun dan menumbuhkan bisnis, penting bahwa struktur dan strategi pertumbuhan didasarkan pada keterampilan dan ide bisnis yang sehat. Pengusaha sukses perlu memiliki strategi yang kuat untuk membawa bisnis mereka dari bisnis skala kecil hingga ke skala besar.

Dalam usaha investasipun yang notabene tidak memerlukan banyak orang yang membantu usaha seperti karyawan, basic skill itu tetap harus dimiliki. Karena dalam investasi kita harus melakukan riset tentang broker, pastikan brokermu kredibel dan mempunyai Service yang bagus, jika sudah menemukan broker yang kredibel, di masa online ini selain membaca spesifikasi brokernya di website biasanya kita juga butuh memastikan hal-hal bagi kita masih kurang jelas, dan kita bisa menanyakannya lewat telepon, live chat, atau email. Nah, dalam hal ini komunikasi mengambil peran penting, karena kita harus menyampaikan pertanyaan sejelas mungkin agar mendapatkan jawaban sedetail mungkin.

Kemudian untuk skill penjualan dalam usaha investasi baru dibutuhkan jika kita ingin menjadi money manager atau orang yang menghandle trading orang lain. Saat ini banyak sekali orang yang ingin terjun dalam bidang investasi namun tidak berani jika harus trading sendiri, maka anda bisa menawarkan jasa trading atau jasa mentor trading hingga nanti orang tersebut bisa trading secara mandiri.

Focus dan kemampuan untuk terus belajar juga diperlukan dalam investasi, agar kita tetap konsentasi pada tujuan trading kita jadi tidak asal trading saja, tidak mudah terpengaruh kata orang dan terus belajar memperbaiki strategi trading kita, karena strategi trading juga salah satu dari beberapa hal penting yang sangat menentukan investasi kita ini akan mendapatkan keuntungan atau tidak.

Jadi, jangan malu untuk terus belajar, jangan mudah menyerah, focus dan niat yang baik agar terus mendapatkan penghasilan dan bertahan melewati masa pandemi ini.

Tetap jaga kesehatan, jalani semua protokol kesehatan dengan baik dan semoga sukses berbisnis ya!

VIDEO PILIHAN