Mohon tunggu...
grace sunny
grace sunny Mohon Tunggu... Seseorang yang senang menambah pengetahuan dan menyebarkannya.

Seseorang yang senang menambah pengetahuan dan menyebarkannya.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Apa dan Bagaimana Definisi Trader Itu?

5 Oktober 2019   11:25 Diperbarui: 5 Oktober 2019   11:42 0 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan definisi trader yang mungkin belum terlalu dipahami oleh orang awam, apa sih definisi dari trader itu, dan meliputi apa saja? Nah, mari kita bahas satu persatu.

Definisi trader

Trader adalah individu yang terlibat dalam transaksi jual beli aset keuangan di pasar keuangan apa pun, baik untuk dirinya sendiri atau atas nama orang atau lembaga lain. Perbedaan utama antara trader dan investor ada pada durasi ketika orang tersebut memegang aset. Investor cenderung memiliki horizon waktu jangka panjang, sementara trader cenderung memiliki aset untuk periode waktu yang lebih pendek karena mereka lebih suka memanfaatkan tren jangka pendek.

Trader dapat bekerja untuk lembaga keuangan, dalam hal ini ia berdagang dengan uang dan kredit perusahaan, dan dibayar dengan kombinasi gaji dan bonus. Atau, seorang trader dapat bekerja untuk dirinya sendiri, yang berarti ia trading menggunakan uang dan kreditnya sendiri sehingga semua keuntungan akan ia simpan untuk dirinya sendiri.

Trading dengan jangka pendek tentu ada kekurangannya juga, karena tidak ada yang sempurna di dunia ini. Beberapa diantara kekurangannya yang bisa kami sebutkan adalah: adanya biaya komisi dan atau biaya spread. Karena trader sering terlibat dalam strategi trading jangka pendek untuk mengejar untung, maka broker biasanya mengenakan biaya komisi yang besar. 

Namun, dengan meningkatnya jumlah broker dengan biaya komisi yang bersaing membuat banyak broker mengenakan biaya yang lebih murah sehingga menarik banyak trader untuk menggunakan jasa mereka, dan juga sistem platform trading yang terbaru sebagian besar memperketat nilai spread di pasar valuta asing.

 Beberapa negara seperti Amerika Serikat juga mengenakan peraturan yang memberatkan trader, salah satunya adalah dengan mengenakan pajak trading atas keuntungan modal jangka pendek yang dilakukan oleh warga Amerika Serikat.

Banyak lembaga keuangan besar yang menyediakan ruang trading untuk para trader membeli dan menjual berbagai macam produk atas nama perusahaan. Setiap trader diberi batasan berapa besar posisi yang bisa diambilnya, dengan pengetahuan tentang kondisi posisi  tersebut dan jika mengalami kerugian seberapa banyak yang bisa ia tahan sebelum suatu posisi harus ditutup. Perusahaan memiliki risiko mendasar dan mempertahankan sebagian besar laba; trader menerima gaji dan bonus. 

Biasanya orang yang trading untuk akun mereka sendiri umumnya bekerja dari rumah atau di kantor kecil, dan menggunakan broker dengan biaya yang murah dan online platform. Batas para trader ini adalah bergantung pada uang tunai dan kredit mereka sendiri, namun mereka bisa tetap menyimpan semua keuntungan.

Broker dengan biaya terjangkau biasanya membebankan komisi yang jauh lebih rendah dari broker lain per transaksinya, namun biasanya tidak menyediakan informasi pasar keuangan saat ini seperti news atau berita ekonomi terakhir, tidak menyediakan informasi analisa teknikal dan fundamental. 

Trader  tidak dapat melakukan trading di bursa saham atau komoditas secara langsung hanya bermodalkan akun mereka sendiri, jadi mencari broker dengan biaya terjangkau adalah salah satu cara penting untuk menghemat biaya dan mendapatkan akses ke pasar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x